Pasar Saham Tenang Sebelum KTT Uni Eropa

Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews- Saham Asia dan euro naik tipis pada Rabu, di tengah harapan peringatan penurunan rating yang akan mendesak pemimpin Eropa untuk menyelesaikan krisisi utang zona euro pada pertemuan puncak minggu ini.

Standard & Poor Senin lalu mengatakan peringkat utang 15 negara zona euro berpotensi dipangkas. Peringatan ini ditambah dengan ancaman pemotongan kredit rating dana penyelamatan Eropa dalam 24 jam kemudian.

Peringatan ini awalnya mempengaruhi harga saham, namun mereda setelah Financial Times melaporkan pemimpin Eropa akan membicarakan untuk meningkatkan kekuatan dana bailout.

Indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,3 persen, sedangkan rata-rata saham Nikkei dibuka naik 0,6 persen. Sementara euro berada di posisi terendah pada Selasa US$1,3407 dengan optimisme menjelang KTT Uni Eropa pada hari Jumat dan pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis. Pelaku pasar mengharapkan pemotongan bunga dan langkah-langkah pengucuran likuiditas yang diperluas bagi sistem perbankan.

"Kami melihat ruang lingkup untuk beberapa pemulihan pendek antara sekarang dan akhir pekan, mengantisipasi kegagalan KTT Uni Eropa. Satu peringatan jika ECB memberikan kejutan menurunkan suku bunga 25 basis poin," ujar analis BNP Paribas seperti yang dikutip dari Reuters.

Para pemimpin Eropa berusaha untuk membahas perjanjian yang menegakkan disiplin fiskal dalam pertemuan puncak. Prancis dan Jerman ingin mengubah atauran Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi kepada negara yang melebihi target defisit.

Terpopuler: Konversi Motor Listrik Tidak Gratis, Harga Innova Zenix Naik
Pemain Oxford United merayakan gol

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Oxford United berhasil meraih kemenangan semifinal playoff leg-1 League One Inggris musim 2023-2024, melawan Peterborough 1-0 di Stadion Kassam, Minggu dini hari, 5 Mei.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024