Telkom Investasi Home Pass Rp21 Triliun

Rinaldi Firmansyah, dirut Telkom
Sumber :
  • www.telkom.co.id

VIVAnews - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berencana untuk membangun infrastruktur jaringan pita lebar (broadband) yang menghubungkan akses pelanggan hingga ke rumah-rumah (home pass) sebanyak 13 juta sambungan kabel hingga 2015. Program tersebut diperkirakan menelan investasi hingga Rp21,19 triliun.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Sampai dengan 2011, Telkom telah mampu menyelesaikan tidak kurang dari 1,75 juta home pass yang terbentang dari Sumatera hingga ke Papua," kata Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia, Rinaldi Firmansyah, di kantornya, Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Home pass
merupakan salah satu program Telkom dalam proyek true broadband yang memanfaatkan sambungan kabel bagi para pelanggannya. Lewat sambungan tersebut, Telkom menawarkan layanan home digital environment seperti layanan televisi, internet, dan telepon.

Selain perumahan, layanan true band juga bisa digunakan kalangan perusahaan dan pemerintahan. Konsep broadband anywhere meliputi layanan berbasis multi play yang terdiri atas data (Internet atau intranet), voice, dan video (interactive TV dan multimedia) semacam teleconference.

Rinaldi mengungkapkan pembangunan infrastruktur yang menelan dana Rp21,19 triliun tersebut sudah sesuai dengan perkembangan gaya hidup dan pekerjaan. "Fasilitas infrastruktur tersebut dapat meningkatkan daya saing wilayah-wilayah yang selama ini kurang berkembang karena hambatan infrastruktur telekomunikasi," katanya.

Program home pass tersebut juga, ungkap Rinaldi, merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap program pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Secara nasional sampai dengan 2015 dapat menghubungkan akses ke rumah pelanggan dengan kecepatan 20 Mbps sampai 100 Mbps," katanya. (art)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024