VIDEO: Transplantasi Terumbu Karang

Terumbu karang perairan Pulau Hoga, Wakatobi, Sulawesi
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Sulamadaha merupakan salah satu pantai yang menjadi andalan pariwisata Ternate, Maluku Utara. Tidak seperti pantai andalan wisata lain yang berpasir putih, pantai yang satu ini berpasir hitam.

Sayangnya, terumbu karang yang ada di Sulamadaha sebagian besar dalam keadaan rusak. Bom ikan nelayan dan sampah menjadi penyebab utama kerusakan terumbu karang.

Resah dengan kerusakan karang yang terjadi di tempat ini, para penyelam lalu membuat gerakan swadaya transplantasi terumbu karang guna melestarikan terumbu karang yang ada. Sejak tiga tahun terakhir, mereka membuat taman transplantasi terumbu karang di enam titik yang ada di Ternate, dengan luas sekitar 500 meter persegi.

Selain itu, mereka juga aktif mengedukasi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai. Tapi kegiatan ini belum dapat dukungan dari pemerintah setempat.

Seperti apa taman transplantasi terumbu karang? Lihat videonya di tautan ini.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone
Presiden Soeharto

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Saat Soeharto menjabat presiden, empat jenderal ini menjadi orang yang menakutkan baginya. Sebab, keempat jenderal ini berani untuk menentang segala kebijakan orde baru.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024