Mahfud MD: Mudah Ungkap PNS Berekening Gendut

Mahfud MD Berkunjung ke Redaksi VIVAnews.Com
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mengatakan pengungkapan rekening gendut milik oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) bukanlah hal yang sulit. Hal itu dapat dilakukan apabila aparat penegak hukum dapat menjalankan tugasnya dengan benar.

"Itulah bagian dari busuknya birokrasi di situ, makanya itu harus diungkap, cara mengungkapnya tidak sulit menurut saya," kata Mahfud MD usai Deklarasi Nasional Menuju Indonesia Bangkit: Birokrasi Bersih dan Melayani di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis 8 Desember 2011.

Menurut Mahfud cara mengungkap rekening gendut para oknum PNS cukup dengan melaporkannya ke pihak yang berwajib. "Tinggal diberi tugas untuk melaporkan yang mencurigakan ke yang berwajib, ke kejaksaan, KPK, atau polisi," ujarnya.

Mengenai kemungkinan adanya kerjasama oknum PNS tersebut dengan atasannya, Mahfud mengaku belum mengetahuinya hingga saat ini. "Kalau itu, tidak tahu saya, makanya itu harus diselidiki," tegasnya.

Sebelumnya, PPATK menyatakan ada PNS golongan III B yang memiliki harta miliaran rupiah. "Ada dua anak muda golongan III B potensial. Usia 28-38 tahun mengerjakan proyek fiktif menilep belasan miliar," kata Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso.

Menurut Agus, PNS muda yang memiliki rekening miliaran rupiah ternyata bukan hanya Gayus Tambunan saja. "Sejak 2002, yang kami serahkan 1.800 laporan indikasi korupsi. Ternyata Gayus (Tambunan) tidak cuma satu, saya prihatin membaca laporan itu," ujarnya. (eh)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024