Bulog Mulai Gelontorkan Raskin Ke-13

Stok beras di gudang penyimpanan Bulog.
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai menggelontorkan beras miskin (raskin) ke 13 pada bulan Desember ini. Selain raskin, Bulog juga terus melakukan operasi pasar (OP) untuk mengendalikan gejolak harga beras di dalam negeri.

Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan Bulog telah mulai menyalurkan raskin ke 13 dan terus menggelar operasi pasar beras.

"Raskin ke 13 ditambah operasi pasar beras itu kira-kira bulan ini akan keluar sekitar 300.000 ton," ujarnya seusai rakor pangan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Dari total raskin dan OP ini, lanjutnya, rinciannya sebanyak 260 ribu ton adalah raskin dan sisanya sekitar 40 ribu ton adalah beras OP.

Sutarto menambahkan dalam menggelar operasi pasar beras, Bulog tidak membatasi tempat dan jumlah beras yang disalurkan. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan terjadinya penurunan pasokan beras. "Bulog selalu melakukan operasi pasar, sehingga tidak ada spekulasi harga ," terangnya.

Sutarto memastikan stok beras Bulog masih cukup dikarenakan adanya beras impor yang akan datang sekitar 900 ribu ton. Beras impor ini berasal dari Thailand, Vietnam, dan India. "Yang dari Thailand 300 ribu ton, mudah-mudahan 20 Desember ini mulai bergerak masuk, dan (bisa selesai) sampai 20 Februari," tuturnya.

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah mematok kuota impor beras sebanyak 1,9 juta ton. Artinya, hingga saat ini beras impor yang akan masuk sekitar satu juta ton lagi.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia
Sudirman Said.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Mantan menteri ESDM Sudirman Said bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 melalui jalur perseorangan atau independen.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024