Sugih Energy Akuisisi Blok Lemang Rp2 Triliun

Pengeboran minyak di Azadegan, Iran
Sumber :
  • AP Photo/Vahid Salemi, File

VIVAnews -  PT Sugih Energy Tbk mengakuisi blok minyak dan gas Lemang PSC sebagai langkah perusahaan fokus di industri hulu minyak dan gas bumi. Akusisi dilaksanakan dengan membeli 100 persen saham Eastwin Global Investment Limited yang saat ini tercatat sebagai pemegang kepemilikan aktif (working interest) 49 persen di Lemang PSC.

Blok Lemang memiliki luas area 3.890 kilometer per segi yang terletak di Provinsi Jambi. Selain dimiliki Eastwin Global Investment Limited, blok ini dimiliki oleh PT Hexindo Gemilang Jaya, anak perusahaan Ramba Energy Limited. Kontrak kerjasama di blok ini akan berlangsung hingga 2037.

Direktur PT Sugih Energy Tbk., Bagoes Hermanto, mengatakan, nota kesepahaman telah ditandatangani antara Sugih Energy dengan Roots Capital, selaku pemilik 100 persen Eastwin Global Investment Limited. "Valuasi transaksi ini US$230 juta [sekitar Rp2 triliun]," kata Bagoes di Jakarta, Kamis 15 Desember 2011.

Selain itu, perusahaan sedang mengkaji beberapa potensi blok migas yang telah berproduksi di wilayah Sumatera, sehingga perusahaan diharapkan dapat melakukan akusisi lebih dari satu blok migas pada 2012. “Potensi sektor hulu migas di Indonesia masih sangat besar," katanya.

Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Dia menambahkan, pemerintah memprioritaskan perusahaan nasional aktif di industri migas. Karena itu, selaku perusahaan nasional, Sugih Energy bersiap mengambil bagian di industri tersebut.

Dalam agenda aksi korporasi tahun depan, perusahaan berencana melakukan menggalang dana lebih kurang Rp3 triliun. Aksi korporasi tersebut dalam rangka mendukung akusisi beberapa blok migas serta menambah modal kerja perusahaan. "Perusahaan telah resmi menunjuk PT Sinarmas Sekuritas sebagai penasehat keuangan," katanya.

Anggaran Kurang Jadi Alasan Polisi Kirim Tilang Lewat WA, Sebulan 1 Juta Pelanggaran
Kim Ki Nam (Doc: BBC Internasional)

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Mantan ahli propaganda Korea Utara, Kim Ki Nam dinyatakan meninggal dunia, pada Rabu, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024