Investment Grade Picu Investasi Langsung

Menko Perekonomian Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah menilai, dengan disematkannya peringkat utang Indonesia di level investment grade, maka akan menggeser investasi asing di portofolio menjadi investasi langsung (foreign direct investment/FDI).

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, tren peningkatan FDI sudah mulai terlihat pada tahun ini dan akan membesar saat diperoleh peringkat investment grade.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Posisi FDI pada 2010 sekitar US$13 miliar, dan pada 2011 meningkat menjadi US$18 miliar. "Lalu, di portofolio lumayan menurun," ujar Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 16 Desember 2011.

Hatta menambahkan, dirinya merasa dalam waktu dekat, lembaga pemeringkat lain seperti Moody's serta Standard & Poor's akan segera memberikan status investment grade kepada Indonesia.

"Moody's sudah siap-siap awal tahun depan kalau menurut saya. Kalau S&P juga begitu," tuturnya.

Aliran dana yang nantinya masuk menuju Tanah Air, Hatta menambahkan, oleh pemerintah akan diarahkan pada sektor infrastruktur. (art)

Selena Gomez

Selena Gomez Absen di Met Gala 2024, Ternyata Gara-gara Ini

Selena Gomez jadi salah satu seleb yang sangat dirindukan tampil di karpet merah Met Gala 2024, tapi sayang tahun ini harus absen sama seperti Rihanna juga Taylor Swift.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024