John Mayall Bius Penggemar Blues Jakarta

John Mayall
Sumber :
  • hindustantimes.com

VIVAnews - John Mayall sukses membius ribuan penikmat musik blues di Senayan dalam ajang Jakarta International Blues Festival 2011. Penembang blues veteran asal Inggris berusia 78 tahun ini membawakan belasan lagu.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tampil bersahaja dengan celana jeans dan kemeja hitam, Mayall membuka pertunjukan dengan "Another Man," lagu yang pertama kali ia suguhkan pada tahun 1966 bersama Eric Clapton.  

Pada lagu pembuka itu, ia memainkan harmonika dan piano. 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Kemudian berturut-turut Mayall memantapkan penampilannya dengan membawakan beberapa nomor seperti "All Your Love", "Oh Pretty Woman", "So Many Roads", "Big Leg Woman", "Sum of Something", "California", "Parchman Farm", "Congo Square", "Nothing to do With Love", dan "Room to Move".

Penampilan kali pertama John Mayall di Indonesia ini sukses menghibur penonton, yang rata-rata berusia di atas 30 tahun. Ia pun mengakhiri penampilannya dengan membawakan lagu berjudul 'Checkin'Up on My Baby'.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

John Mayall adalah salah satu tokoh blues kulit putih yang sangat besar pengaruhnya. Sejak era 60an hingga 70an, gitaris-gitaris terkenal seperti Jimmy Page, Mick Taylor, Jeff Beck hingga Eric Clapton pasti pernah tampil sepanggung dengan John Mayall. 

Sebelum John Mayall naik ke panggung, aksi Gugun Blues Shelter berhasil memanaskan suasana. Kelompok yang digawangi Gugun (gitar), Jono (bass), dan Bowie (drum) ini tampil membawakan lebih dari enam lagu.

Yang menarik adalah saat sang pembetot bas, Jono, menari-nari di atas panggung dengan menggunakan kostum macan, lengkap dengan topi dengan motif senada. 

Jakarta Internasional Blues Festival 2011 ini merupakan festival musik blues terbesar di Asia Tenggara. Beberapa musisi telah tampil dengan sukses di gelaran tahun ini, di antaranya Sandy Sondoro, Abdee and Blues Friends, Krisna and The alter Ego,  Balawan and Friends, Jakarta River Blues, Kim Mok Kyung (Korea Selatan),  Endah n rhesa, Jessica Manuputty (Belanda), Bonita and The Husband, serta Adrian Adioetomo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya