Kapal Tenggelam, Nasib 182 Korban Belum Jelas

Tim SAR evakuasi korban kapal feri Dumai Express 10 yang tenggelam
Sumber :
  • Antara/ Riadi

VIVAnews – Nasib ratusan korban kapal tenggelam di Perairan Prigi, Watu Limo, Trenggalek, Jawa Timur, masih belum diketahui. Kapal tersebut tenggelam pada Sabtu 17 Desember 2011 kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB, karena diduga kelebihan kapasitas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, 182 korban masih hilang, sedangkan 33 korban lainnya sudah ditemukan. Total jumlah penumpang adalah 215 orang. Mereka adalah imigran gelap yang berasal dari Timur Tengah. Sedianya, para imigran gelap tersebut hendak bertolak dari Jawa Timur menuju Australia.

“Penumpang yang selamat ditampung sementara di Gedung Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pelabuhan Prigi,” terang Sutopo dalam pesan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu 18 Desember 2011.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tiga orang di antara penumpang yang selamat, lanjutnya, dirujuk ke rumah sakit dan puskesmas. Saat ini, kata Sutopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berkoordinasi dengan Tim SAR, TNI, dan Polri, untuk melakukan pencarian korban yang masih hilang. Namun, imbuhnya, upaya pencarian tersebut terkendala faktor jarak.

“Evakuasi korban terhambat karena jauhnya lokasi kecelakaan, yaitu 25 mil dari daratan Prigi,” ujar Sutopo. Ia juga belum berani memastikan penyebab persis tenggelamnya kapal, meski beberapa pihak menyatakan kapal tersebut kelebihan muatan manusia.

Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024