Kasus Mesuji, DPR Panggil Menteri Kehutanan

Pembunuhan Brutal Petani di Lampung Diadukan ke DPR
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews – Komisi III DPR akan segera memanggil Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pusat dan daerah, terkait sengketa agraria di Register 45 Mesuji, Lampung.

“Kami akan panggil Menteri Kehutanan, Pemprov Lampung, serta pihak BPN, supaya persoalan (Mesuji) ini semakin jelas,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR, Azis Syamsuddin, kepada VIVAnews.com di Lampung, Minggu 18 Desember 2011.

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

Saat ini, rombongan Komisi III DPR sedang melakukan investigasi dan pencarian fakta di Mesuji Lampung.

Persoalan kekerasan yang terjadi selama puluhan tahun di Mesuji, kata Azis, berakar dari persoalan agraria yang berlarut-larut dan tidak terselesaikan.

Persoalan agraria di Mesuji semakin pelik sejak Menteri Kehutanan memberikan izin perluasan lahan kepada PT Silva Inhutani untuk mengelola lahan dari 33 ribu hektar menjadi 42 ribu hektar, pada tahun 1996.

Perluasan lahan tersebut, terang Azis, mengakibatkan pencaplokan lahan adat yang sebelumnya dikelola ratusan petani. “Kekerasan di Mesuji akibat dari ketidakberesan di hulu,” ujar Azis.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Komisi III sendiri telah menggelar pertemuan dengan jajaran Polda Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung, pada Sabtu 17 Desember 2011 kemarin.

Lampung memang menyimpan potensi konflik yang cukup tinggi antara masyarakat dengan perusahaan.  Kepala Kepolisian Daerah Lampung, Brigjen. Pol. Jodie RoosetoJodie mengatakan, ada sekitar 11 perusahaan besar di Lampung yang mengalami konflik tanah dengan masyarakat, di antaranya PT Silva Inhutani, PT Barat Selatan Makmur Invesindo (BSMI), PT Aruna Wijaya Sakti (AWS), dan PT Indo Lampung.

Laporan: Hanafi | Lampung

Wang Deshun Kakek 87 Tahun yang Jadi Model di China

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Wang Deshun, seorang kakek berusia 87 tahun yang dikenal sebagai aktor dan model fashion, mencuri perhatian pada tahun 2015 dengan tampil di panggung catwalk.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024