22-12-1989: Tumbangnya Diktator Ceausescu

Makam Nicolae Ceausescu
Sumber :
  • Reuters/Mihai Barbu

VIVAnews - Pada 22 tahun yang lalu, militer Rumania membelot untuk bergabung dengan massa demonstran anti rezim Nicolae Ceausescu. Aksi itu berhasil menumbangkan rezim komunis Ceausescu, yang telah berkuasa selama 42 tahun.

Menurut stasiun televisi The History Channel, militer sempat berjibaku dengan massa demonstran anti pemerintah. Bahkan, tiga hari sebelum membelot, militer menembaki para demonstran di Kota Timisoara.

Namun, setelah pembelotan militer itu, Ceausescu dan istrinya kabur dari Ibukota Bucharest dengan helikopter. Mereka berdua berhasil ditangkap dan langsung diadili oleh militer.

Ceausescu dan istri dinyatakan bersalah atas kasus pembantaian massal. Pada 25 Desember 1989, diktator Rumania dan istrinya itu dieksekusi mati dengan berondongan peluru.

Memerintah Rumania sejak 1965, Ceausescu menolak gerakan liberalisasi di negaranya. Dia pun menentang angin perubahan yang terjadi di Uni Soviet dan negara-negara satelitnya di akhir dekade 1980an.

Namun, saat itu, ekonomi Rumania tengah ambruk dan termasuk terbelakang di Eropa. Inilah yang menimbulkan pergolakan dari rakyat Rumania atas rezim itu.   





Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya
Ilustrasi zodiak

Prediksi Ramalan Zodiak Sabtu 11 Mei 2024, Hari Ini Bakal Ada Beragam Peristiwa

Zodiak Aquarius salah satunya, mereka harus sangat berhati-hati hari ini dan berpikir mendalam sebelum mempercayai siapa pun karena kegagalan bisa sebabkan kerugian besar

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024