Rumah Dinas Wakil Bupati Paniai Papua Dibakar

Kerusuhan di Lany Jaya Papua
Sumber :
  • Banjir Ambarita, Papua

VIVAnews – Kelompok orang tak dikenal kembali berulah di Paniai, Papua. Setelah sebelumnya rumah dinas pariwisata setempat dibakar, kali ini kediaman resmi Wakil Bupati Paniai yang dibakar.

Peristiwa pembakaran itu terjadi dini hari ini sekitar pukul 01.00 WIT. Kapolres Paniai AKBP Jannus Siregar membenarkan kejadian itu. “Tadi malam sekitar jam 1, rumah dinas Wakil Bupati Paniai dibakar orang tak dikenal,” ujar Kapolres, Sabtu 31 Desember 2011.

“Rumah dan isinya hangus. Di lokasi juga ditemukan bendera Bintang Kejora,” imbuh Kapolres. Menurutnya, saat polisi tiba di lokasi, api sudah melahap semua bagian rumah. “Api sudah besar saat kami tiba di lokasi, sehingga  tidak ada barang yang bisa diselamatkan,” ucapnya.

Pembakaran rumah dinas itu diduga dilakukan dengan menyiram bensin atau minyak tanah ke rumah tersebut. “Kami masih olah TKP. Rumah dibakar pakai bensin atau minyak tanah. Masih dalam penyelidikan,” ujar Jannus.

Kapolres mengatakan, pembakaran sulit dideteksi karena lokasi kediaman Wakil Bupati Paniai berada di atas gunung, jauh dari pemukiman warga. “Rumah itu berada di Gunung Merah dan tersendiri, sehingga agak sulit mendeteksinya,” kata Jannus.

Kapolres mengatakan, setiap saat pihaknya tetap melakukan patroli rutin. “Patroli tadi malam lepas dari kontrol kami. Memang ada info, ada orang mabuk yang dibubarkan satu jam sebelum aksi pembakaran. Tapi apakah ini ada kaitannya, masih diselidiki,” terangnya.

Jannus juga mengungkapkan, saat ini di Paniai beredar isu santer tentang rencana pembakaran terhadap sejumlah fasilitas pemerintah. “Isu yang berkembang saat ini, akan ada pembakaran. Tapi kami imbau masyarakat jangan terpancing atau terhasut, karena ini yang diinginkan kelompok pengacau,” kata dia.

Apapun, Kapolres menekankan, secara umum situasi Paniai masih aman dan kondusif menjelang malam pergantian tahun. Warga pun, ujarnya, tetap beraktivitas dengan lancar dan normal.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua

Terpopuler: Mitos Fakta Lahir C-Section Seperti Ria Ricis, Trik Hindari Heatstroke saat Ibadah Haji
Nathalie Holscher

Anaknya Kumpul Bareng Keluarga Sule, Nathalie Holscher: Bahagia Selalu Ya Adzam

Meskipun Nathalie Holscher tidak ikut serta dalam acara pengajian itu, namun sang anak, Adzam, justru datang untuk berkumpul dengan saudara-saudara lainnya di rumah Sule.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024