SBY: Pacu Daya Saing dengan Inovasi Produk

Presiden SBY di podium World Economic Forum
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan kepada 69 pelaku di bidang industri yang terdiri atas enam kategori penghargaan. SBY berpesan kepada para pemenang penghargaan agar terus melakukan inovasi produknya agar dapat berdaya saing di luar negeri.

SBY menjelaskan, Indonesia memiliki potensi dan sumber daya alam yang tidak semua negara memilikinya. Untuk itu, ia meminta agar meningkatkan inovasi dan penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk secara cepat, efisien, dan berkualitas baik.

"Jika kita sungguh bertekad, melakukan upaya yang dilakukan di bidang inovasi, 30-40 tahun mendatang negara kita benar-benar menjadi negara maju," kata Presiden di Jakarta, Kamis 5 Januari 2012.

Yudhoyono secara khusus mengajak semua pihak untuk meningkatkan inovasi di bidang pangan dan energi, termasuk industri tersebut.

Dalam bidang pangan, SBY meminta agar meningkatkan produksi pangan seperti beras, jagung, daging sapi, dan lain-lain. Selain itu untuk meningkatkan produktivitas, semua pihak harus berinovasi dalam penemuan antihama, pembuatan pupuk, dan adaptasi perubahan iklim.

SBY juga meminta agar semua pihak berkreasi dan berinovasi mengembangkan produk-produk yang masih sulit ditemukan di Indonesia seperti gandum. "Pilot proyek di Universitas Andalas kerja sama dengan pemerintah Slovakia berhasil, bisa untuk ditindaklanjuti. Kalau gandum bisa ditanam di Indonesia, maka akan mengubah banyak hal seperti konsumsi mi instan dan roti," katanya.

Ia mencontohkan bagaimana keberhasilan Brasil dalam mengembangkan kedelai, karena di negara itu ada zona yang cuacanya mirip dengan Indonesia, sehingga kedelai dapat tumbuh subur. "Dengan research dan development, maka kita bisa produksi secara besar," katanya.

Sementara itu, di bidang energi, SBY meminta agar teknologi eksplorasi di industri tersebut harus lebih efisien, sehingga menciptakan energi yang lebih murah. Ia percaya pengembangan energi baru dan terbarukan yang saat ini masih membutuhkan investasi mahal akan menjadi murah dengan inovasi teknologi.

"Apalagi, Indonesia saat ini menuju BBG. Pendek kata, energi memerlukan inovasi besar-besaran, sehingga saya meminta Menteri Perindustrian untuk membuat tropi khusus inovasi di bidang pangan dan energi," katanya. (art)

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024