Tahun Ini, Sensus Pajak Dikawal Polisi

Fauzi Bowo Dan Menteri Keuangan Hadiri Acara Sensus Pajak
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menargetkan sensus pajak nasional 2012 dapat menjaring minimal dua juta wajib pajak baru. Ditjen Pajak juga akan menyertakan petugas kepolisian untuk mendampingi petugas pajak guna menghindari tindakan yang tidak diinginkan dari wajib pajak.

Sebelum Diciduk, Pelaku Pembunuh Kakek di Garut Sempat Kabur ke Bandung dan Bekasi

Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany, menjelaskan sensus pajak 2011 yang dilaksanakan dari Oktober-Desember 2011 berhasil menjaring sekitar 600 ribu wajib pajak baru. Jumlah tersebut masih di bawah target yang telah ditetapkan yaitu 900 ribu wajib pajak.

"Waktu sensus hanya 44 hari, karena banyak terpotong liburan dan cuaca yang buruk, sehingga sulit mendatangi wajib pajak," kata Fuad Rahmany saat konferensi pers di Jakarta, Selasa 10 Januari 2012.

Menurut Fuad, pada tahun ini, minimal petugas pajak bisa melakukan dua juta kunjungan dan jumlah wajib pajak baru dari hasil sensus pajak bertambah sebanyak 2-4 juta wajib pajak baru. Ditjen Pajak menargetkan wajib pajak pada 2012 bertambah menjadi 40-50 juta.

"Tahun ini, jumlah wajib pajak orang pribadi mencapai 19,8 juta dan wajib pajak badan 2 juta, sehingga total 22 juta. Dengan sensus diharapkan mengarah ke 40-50 juta wajib pajak," katanya.

Berdasarkan evaluasi sensus pajak 2011, Fuad melanjutkan, kendala sensus pajak di lapangan mendapatkan resistensi yang cukup tinggi. Untuk itu, pada waktu yang akan datang, Ditjen Pajak akan melakukan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Mabes Polri agar bisa memperoleh pendampingan aparat kepolisian.

"Petugas pajak sering mendapat perlakuan yang tidak baik dalam melakukan sensus pajak," katanya.

Ditjen Pajak juga akan memperbaiki kualitas sumber daya manusia petugas sensus pajak dengan memperkaya data-data wajib pajak sebelum mendatangi orang tersebut.

"Kalau 2011 kami datang dengan peta blok dan wawancara, pada 2012 diperkaya dengan data agar wajib pajak mempunyai gambaran berapa yang harus dia bayar," katanya. (art)

Klub Milik Anindya Bakrie dan Erick Thohir Lolos ke Final Promosi Championships
Duel Real Madrid vs Bayern Munich

Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

Bintang Bayern Munich, Thomas Mueller marah besar usai timnya disingkirkan Real Madrid dari semifinal Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024