BBM Murah, Transportasi Massal Tak Maju

Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Murahnya harga bahan bakar minyak telah membuat energi alternatif dan transportasi massal di Indonesia tidak berkembang. Bahan bakar yang disubsidi membuat masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Karena itu, menurut Direktur Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara, pemerintah harus memberi subsidi secara tepat sasaran, obyektif, dan berkeadilan.

Marwan mengatakan bahwa program konversi BBM ke gas (BBG) merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi subsidi BBM. Selain lebih murah, penggunaan gas lebih ramah lingkungan dan tersedia lebih banyak. "Ini akan mendukung upaya kemandirian energi," kata Marwan dalam keterangan tertulis, Selasa 10 Januari 2012.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) 2004-2009 ini mengatakan bahwa peningkatan konsumsi gas memang telah menjadi tren global. Namun, sebelum program konversi dilaksanakan, berbagai prasyarat harus dipenuhi pemerintah, baik dalam bentuk kebijakan maupun dalam bentuk program aksi, sarana, dan anggaran.

Beberapa pembenahan yang harus dilakukan pemerintah antara lain harga gas di Indonesia yang masih bermasalah dan belum final. Pasokan gas belum mapan, meskipun mampu mengekspor 50 persen produksi gas nasional. Sarana penyediaan gas, termasuk jaringan pipanisasi gas dan SPBG juga belum siap. Sarana penunjang terkait otomotif, termasuk konverter dan pemeliharaan juga belum tersedia.

"Jangan-jangan setelah beralih ke gas, pasokan gas tidak tersedia. Ini yang harus dipikirkan," katanya.

Marwan meminta, pemerintah menyiapkan langkah-langkah solutif bersaman dengan pelaksanaan program konversi agar dampak negatif dapat dikurangi. Menurut dia, selain karena BBM murah, mayoritas rakyat menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi publik tidak memadai atau bahkan tidak tersedia.

"Angkutan publik tidak saja minim subsidi tetapi juga diabaikan, ditambah sarana jalan raya yang terbatas," katanya.

Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024