Pertamina Beli 26 Kapal Tanker

Kapal Tanker
Sumber :
  • Ist

VIVAnews – PT Pertamina (Persero) menyiapkan investasi hingga US$470 juta untuk menambah 26 unit kapal berbagai ukuran hingga 2015. Pertamina saat ini mengoperasikan 173 kapal tanker dan semuanya berbendera Indonesia.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochamad Harun menjelaskan dari 26 unit kapal, 12 unit kapal dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun ini, dua unit pada 2013 dan satu unit pada 2014 dengan total investasi sebesar US$370 juta.

"Adapun 11 unit kapal berbagai ukuran lainnya saat ini masih dalam proses persetujuan investasi dan diharapkan sudah bisa dioperasikan pada 2015," katanya dalam siaran pers yang diterima VIVAnews.com.

Harun menjelaskan unit-unit kapal tersebut merupakan bagian dari rencana investasi jangka panjang Pertamina untuk menambah armada kapal baru milik sendiri hingga 47 unit hingga 2015. Sejauh ini Pertamina telah menerima kapal sebanyak 21 unit.

"Penambahan kapal ini merupakan upaya Pertamina meningkatkan kelancaran distribusi BBM, LPG, dan produk lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan pendistribusian BBM dan produk-produk lain Pertamina ditopang oleh 81,6 persen transportasi laut, dan sisanya 18,4 persen  menggunakan transportasi non laut. Besarnya kegiatan porsi transportasi laut tersebut disebabkan Indonesia merupakan negara kepulauan, hal ini juga menjadikan aktivitas perkapalan menjadi penting di Pertamina.

Saat ini Pertamina mengoperasikan 173 kapal tanker yang terdiri dari 153 kapal pengangkut minyak dan 20 kapal pengangkut gas. Dari total jumlah kapal tersebut, 42 di antaranya adalah kapal milik dan 131 lainnya adalah kapal charter. Sebagai bentuk kepatuhan Pertamina terhadap asas cabotage, seluruh kapal Pertamina tersebut saat ini telah berbendera Indonesia.

“Pertamina juga telah memberikan peran yang cukup luas bagi industri perkapalan nasional. Dari 26 unit kapal yang akan dikirimkan nanti, sekitar delapan unit di antaranya diproduksi di galangan kapal nasional," katanya. (umi)

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024