Sel Induk Bisa Jadi Solusi Atasi Kebutaan

Laser Mata
Sumber :
  • drmisra.ca

VIVAnews - Para ilmuwan melaporkan ada petunjuk terbukanya kesempatan bagi mereka yang mengalami kebutaan untuk dapat melihat kembali. Peneliti menemukan sel induk embrionik dapat mengurangi gangguan penglihatan serius dan kebutaan pada sebagian orang.

Studi ini diklaim merupakan yang pertama dalam penggunaan sel induk pada manusia. Temuan yang dimuat jurnal online Lancet ini melibatkan dua pasien buta. Mereka menerima suntikan sel yang berasal dari sel batang embrio pada salah satu mata mereka.

Seorang di antaranya mengalami mata kering yang berkaitan dengan degenerasi makular akibat usia, sementara pasien lainnya mengalami kebutaan akibat penyakit langka yang menyebabkan dia kehilangan penglihatan serius. Empat bulan setelah disuntik sel embrionik, kedua orang ini berhasil lulus tes mata standar.

Penelitian dilakukan para ilmuwan di University of California, Los Angeles dan Advanced Cell Technology di Massachusetts. Seorang pasien ketiga di London juga tengah menerima suntikan sel induk yang sama sebagai bagian tes berikutnya. (kd)

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024