Rp30 M & US$5 Juta Mengalir ke Kongres PD

Anas Urbaningrum (kanan) dan Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • Flickr

VIVAnews - Mantan anak buah Muhammad Nazaruddin, Yulianis, mengungkapkan aliran dana ke Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010. Yulianis mengatakan uang yang diantarkan mencapai miliaran rupiah.

"Saya hanya memberikan ke staf ahli Nazar. Mereka bilang hanya untuk uang kongres," kata Yulianis saat bersaksi di pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 25 Januari 2012. Yulianis tengah bersaksi untuk terdakwa Nazaruddin.

Menurut Yulianis, saat itu ada tiga mobil dan satu mobil polisi ikut menghantarkan uang Rp30 miliar, US$2 juta dan US$3 juta. Sedangkan untuk uang ditaruh di mobil boks yang dikawal mobil Fortuner, Xtrail, dan satu mobil polisi. "Ditaruh di Hotel Aston lantai 9, untuk biaya kongres," ujarnya.

Yulianis menjelaskan uang Rp30 miliar berasal dari PTĀ  Permai Grup, US$2 juta berasal dari sumbangan perusahaan di bawah naungan Permai Grup. Sedangkan yang US$3 juta diperoleh dari sumbangan-sumbangan perusahaan rekanan Permai Grup.

"Saya diperintah Pak Nazar untuk menerima semua uang sumbangan. Adapun pencatatan (keuangan) soal kongres harus manual, tidak boleh komputer," terangnya. Kongres itu akhirnya dimenangkan oleh Anas Urbaningrum yang terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. (eh)

One Pride MMA 78 Digelar Sabtu Ini, Angga The Hitman Kembali Naik Oktagon
Jhonny Iskandar

Kabar Duka, Jhonny Iskandar Meninggal Dunia

Jhonny Iskandar dikenal sebagai salah satu penyanyi Indonesia yang mengusung aliran musik dangdut. Ia dikenal sebagai penyanyi yang kocak bersama OM PMR.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024