Mobil Listrik BYD Gak Cocok Buat Gaji UMR, Cicilan Paling Murah Segini

BYD Dolphin di PEVS 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta – Sebelum kredit mobil, setiap orang perlu menyesuaikan gaji per bulan agar mampu membayar angsuran yang diajukan. Artinya bukan sekadar mempersiapkan uang muka agar perusahaan pembiayaan setuju.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Setiap lembaga pembiayaan, atau lising sebagian besar punya pertimbangan gaji harus tiga kali lipat lebih besar dari cicilan. Selain ada penghasilan tetap, memiliki rumah sendiri, dan masih banyak faktor lainnya.

Mobil listrik BYD Seal

Photo :
  • Rushlane
Ahok Sebut Gaji Ideal Warga yang Tinggal di Jakarta Minimal Rp 5 Juta

Sama seperti halnya ketika ingin kredit mobil listrik BYD, melihat harga jual BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal, tidak semua orang bisa memilikinya, terlebih bagi mereka yang punya gaji UMR, atau upah minium regional.

Saat ini BYD Dolphin menjadi produk paling terjangkau dengan mengincar kelas menengah, mobil listrik bergaya hatchback tersebut dibanderol Rp425 juta on the road Jakarta untuk tipe Premium.

Toyota Gak Sejalan dengan Moeldoko, Ini yang Bikin Mobil Hybrid Perlu Insentif

Sementara Atto 3 mengisi kelas SUV kompak, dilego mulai Rp515 juta tipe Superior. Kemudian Seal sebagai kasta tertinggi dengan konsep sedan sport dibanderol Rp629 juta tipe Premiun, dan Performance Rp719 juta.

Untuk meminang ketiga mobil listrik BYD tersebut, jaringan diler sudah bekerja sama dengan beberapa lembaga pembiayaan, dengan menyediakan paket kredit yang beragam menyesuaikan kemampuan konsumen.

“Untuk TDP (Total Down Payment) dan tenor bisa disesuaikan, nanti bisa saya bantu,” ujar salah satu sales diler BYD yang enggan dicantumkan namanya kepada Viva Otomotif, Jumat 10 Mei 2024.

Ada empat lising yang bekerja sama dengan diler tersebut dengan TDP, dan cicolan yang tidak berbeda jauh, yaitu Maybank Finance, BCA Finance, Sunindo Kokmin Best Finance, dan PT Indomobil Finance Indonesia.

Misalnya Maybank Finance yang menerapkan asuransi all risk, dengan perhitungan uang muka sudah termasuk angsuran di bulan pertama. Untuk Dolphin dengan tenor 5 tahun, TDP yang perlu dibayar Rp154,048 juta dengan cicilan selama 59 bulan Rp7,023 juta.

Sedangkan Atto 3 nilai TDP-nya sebesar Rp184,765 juta dan angsuran selama 59 bulan Rp8,511 juta, kemudian Seal Premium TDP Rp223,672 juta dengan cicilan Rp10,394 juta dalam periode yang sama, serta Seal Performance angsuran Rp11,882 juta dan TDP Rp254,388 juta.

Artinya jika berkaca dari cicilan Dolphin, maka orang tersebut minimal punya gaji Rp21 jutaan, dan yang tertarik ingin meminang Atto 3 gajinya minimal Rp25 jutaan, dan Seal penghasilan per bulan minimal Rp30 jutaan. Sedangkan UMR Jakarta saat ini hanya Rp5 jutaan, jauh dari nilai angsuran mobil listrik BYD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya