KPK Terus Gali Penyandang Dana Cek Pelawat

Jumpa Pers Ketua KPK Periode 2011-2015 Abraham Samad
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi menegaskan kasus suap cek pelawat tidak hanya akan berhenti pada Miranda Swaray Goeltom saja. KPK berjanji akan mengusut siapa penyandang dana cek pelawat yang dibagikan ke anggota DPR periode 1999-2004 itu.

"Kami masih gali terus kasus ini apakah ada orang lain yang berperan," kata Ketua KPK, Abraham Samad, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Miranda sebagai tersangka dalam kasus yang sudah menjerat 25 anggota DPR periode 1999-2004 itu. Miranda dinilai telah membantu atau turut serta atas perbuatan Nunun Nurbaetie Daradjatun memberikan cek pelawat kepada para legislator.

Dalam perkembangan kasus ini, sebelumnya terungkap peran dari PT First Mujur. Perusahaan inilah yang membeli 480 cek pelawat senilai Rp 24 miliar dari Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk. Cek tersebut dibayar melalui rekening perusahaan itu di Bank Artha Graha.

Dalam pemeriksaan sebelumnya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi,  Direktur Keuangan PT First Mujur, Budi Santoso, mengaku 480 lembar cek pelawat di Bank Internasional Indonesia melalui Bank Artha Graha merupakan permintaan Suhardi alias Ferry Yen. Diketahui, cek perjalanan itu merupakan pembayaran uang muka pembelian lahan kelapa sawit seluas 5.000 hektar di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Belakangan cek-cek itu mengalir ke tangan para anggota Dewan. Keterangan Ferry ini bisa mengungkap asal muasal cek tersebut sampai ke tangan DPR. Namun sayangnya, Ferry telah meninggal empat tahun silam. (umi)

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita
Tim Bandung bjb Tandamata vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Bandung bjb Tandamata Bersyukur Mampu Jinakkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Juara bertahan putri, Bandung bjb Tandamata kembali makan korban. Mereka menekuk Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 (25-17, 23-25, 25-15, 29-27).

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024