Kenaikan TDL Tak Pengaruhi Daya Saing UKM

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Hasil kajianĀ  Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia dan Lembaga Kerjasama Fakultas Teknik UGM (LKFT UGM) menyebutkan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing UKM.

"Hasil kajian menunjukkan kenaikan 10 persen pengaruhnya terhadap competitivenes tidak signifikan. Artinya mayoritas UKM di atas 90 persen tidak terpengaruh," kata Dirjen Ketenagalistrikan, Jarman di Jakarta, Jumat 27 Januari 2012.

Pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen pada 2012. Kebijakan itu merupakan konsekuensi menurunkan subsidi listrik dari Rp65 triliun menjadi Rp45 triliun pada 2012. Kenaikan yang akan dilakukan pada April mendatang tersebut untuk semua golongan, kecuali pelanggan berdaya 450 watt.

Namun rencana pemerintah tersebut menemui hambatan oleh Komisi VII DPR-RI. Dalam rapat kerja Komisi VII dengan Menteri ESDM pada 29 September 2011 lalu, Komisi VII meminta pemerintah melakukan kajian mengenai TDL secara komprehensif.

Kajian tersebut harus mencakup kemampuan bayar konsumen, inflasi, dampak terhadap industri besar kecil dan menengah, suplai energi primer dan dampak sosial secara keseluruhan kepada masyarakat luas.

"Hasilnya dengan kondisi infrastruktur energi primer yang sudah ada saat ini, kehandalan tegangan dan pengembangan pengoperasian itu akan optimal," katanya. (umi)

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia
Menhub Budi Karya Sumadi mengunjungi keluarga almarhum Putu Satria di Bali. [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP

Kemenhub akan menerapkan moratorium penerimaan taruna di STIP.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024