Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Pemain Barcelona, Ilaix Moriba dan Lionel Messi usai habisi Sevilla.
Sumber :
  • Instagram: LaLiga

VIVA – Timnas Indonesia U-23 harus menerima tantangan duel Timnas Guinea U-23 dalam babak playoff Olimpiade 2024 Paris.

Pemain Akademi Atletico Madrid Pilih Fokus di Eropa Usai Tersisih dari Timnas Indonesia U-16

Indonesia harus melakoni babak playoff lantaran finis di posisi keempat Piala Asia U23, usai kalah dari Irak dalam perebutan posisi ketika dengan skor 1-2.

Sama dengan Indonesia, Guinea juga finis di posisi keempat Piala Afrika U23, usai kalah dari Mali pada perebutan peringkat ketiga lewat adu penalti.

Makin Aneh, Elkan Baggott Hapus PSSI dari Statusnya

Pemain muda Barcelona, Ilaix Moriba.

Photo :
  • Twitter/@FCBarcelona

Duel Timnas indonesia dengan Guinea akan menentukan siapa yang pantas merebut tiket terakhir ke Olimpiade 2024 Paris. Tim yang menang dalam babak playoff nanti akan bergabung dengan Grup A bersama Prancis, Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Dianggap Bawa Sial, Jerome Polin Minta Restu ke Pemain Timnas Indonesia Demi Bisa Beri Dukungan

Baik Indonesia maupun Guinea sama-sama pernah tampil di Olimpiade. Indonesia tampil pada tahun 1956, sementara Guinea pada tahun 1968.

Timnas Indonesia tentu harus berusaha ekstra untuk mengalahkan Guinea, mengingat tim asal Afrika Barat itu banyak diperkuat sejumlah pemain hebat dengan pengalaman berkarier di Eropa.

Tercatat, dalam skuad Guinea terdapat 13 pemain yang telah mencicipi atmosfer sepakbola benua biru, salah satunya yakni Ilaix Moriba.

Pemain kelahiran Conakry, 19 Januari 2003 tersebut merupakan mantan pemain Barcelona. Dia menjalani debutnya di tim utama pada 21 Januari 2021 saat usianya masih 18 tahun.

Moriba mencetak gol perdananya di La Liga saat Barcelona menang 2-0 dari Osasuna.

Gelandang muda Barcelona, Ilaix Moriba, merayakan gol. (sebelah kanan)

Photo :
  • Twitter/@FCBarcelona

Selama memperkuat Barcelona, Moriba juga sempat bermain di Liga Champions musim 2020/2021 saat melawan Paris Saint-Germain (PSG). Saat itu ia bermain bersama para Bintang sepakbola seperti Lionel Messi, Sergio Busquets dan Ousmane Dembele.

Setelah berkostum Barcelona, Moriba dilepas ke klub Bundesliga, RB Leipziq pada Agustus 2021 dengan biaya transfer 16 juta euro atau Rp275 miliar. Namun, Moriba kurang mendapat menit brmain dan dipinjamkan ke Valencia pada 2022.

Moriba lanjut dipinjamkan ke Getafe pada musim 2023/2024, kini ia bermain di klub tersebut bersama Mason Greenwood.

Di tingkat internasional merupakan aset penting Timnas Guinea. Tercatat ia telah bermain di 22 pertandingan dan mencetak 1 gol di tim senior. Menariknya, sebelum bermain untuk Guinea, dia sempat membela Timnas Spanyol U-17, U18 dan U-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya