Harga Emas Tertinggi Sejak 8 Desember

Emas batangan
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Harga emas pada Senin 30 Januari sedikit turun setelah pada Minggu kemarin sempat naik tertinggi dalam tujuh pekan terakhir. Kenaikan harga emas didukung oleh sentimen perundingan kesepakatan utang Yunani dan penguatan nilai tukar euro.

Kantor berita Reuters melaporkan, harga spot emas di Singapura mencapai harga tertinggi US$1.739 per ons, terkuat sejak 8 Desember. Sedangkan pagi ini berada pada US$1.734,65 atau turun US$2,55.

Perusahaan pengelola aset global, Bridgewater Associates, mengatakan bahwa harga emas sedang bullish menyusul banyaknya investor yang menyerbu emas sebagai upaya lindung nilai terhadap inflasi. "Ini karena pemerintah mencetak uang lebih banyak untuk mengurangi utang," katanya.

Para pemimpin Uni Eropa akan menandatangani dana penyelamatan permanen untuk zona euro pada pertemuan puncak Senin ini. Pertemuan ini diharapkan dapat menyetujui aturan anggaran berimbang dalam legislasi nasional, salah satunya di Yunani.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Sementara itu, laju pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal empat tercatat sebagai yang tercepat dalam 1,5 tahun. Namun pertumbuhan ini meleset dari perkiraan ekonom, sehingga memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi AS 2012, dan taruhan bahwa Federal Reserve perlu menyediakan lebih banyak bantuan.

Harga emas berjangka di AS naik 0,17 persen menjadi US$1.735,20 per ons. Sedangkan harga spot emas US$1.734,65 atau turun 0,15 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya. (eh)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024