Tommy Winata Jadi Pemrakarsa Jembatan Sunda

Desain Jembatan Selat Sunda
Sumber :
  • Kementerian Pekerjaan Umum

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa PT Bangungraha Sejahtera Mulia telah menjadi pemrakarsa pembangunan Jembatan Selat Sunda bersama konsorsium Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Banten dan BUMD Lampung. Jembatan ini akan menghubungkan Merak di Pulau Jawa dengan Lampung di Sumatera.

Bangungraha merupakan anak Perusahaan Artha Graha Group, milik pengusaha Tommy Winata. "Pemrakarsanya itu konsorsium BUMD Banten dan Lampung, serta wakil dari kelompok usaha Tommy Winata," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto usai rakor di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 31 Januari 2012.

Djoko menjelaskan, pemrakarsa mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan perencanaan dan studi kelayakan dalam waktu 12 bulan, atau hingga pemerintah yakin bahwa proyek ini layak dilelang untuk dibangun. "Mereka yang menyiapkan," kata Djoko.

Dia menambahkan, sebagai pemrakarsa, nantinya konsorsium Bangungraha dan BUMN Banten serta Lampung tetap harus ikut tender. Namun, mereka akan mendapat hak istimewa dalam lelang itu. "Di antaranya preferensi 10 persen," ujar Djoko.

Jembatan Selat Sunda direncanakan mulai dibangun pada 2014 dan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk pengerjaannya. Nilai proyek juga berubah-ubah, dari awalnya diperkirakan Rp100 triliun, kini meningkat menjadi Rp215,37 triliun. Namun, biaya itu masih bersifat estimasi awal berdasarkan kuantitas atau volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan.

Jembatan dengan total panjang sekitar 29 kilometer itu dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan ini akan dilengkapi infrastruktur seperti transmisi gas, rel kereta api, transmisi listrik, dan air minum.

Sementara itu, untuk pengembangan kawasan, akan disusun berbagai macam zona seperti zona industri, pariwisata, energi, logistik, pengembangan teknologi, dan pengolahan ekspor. (art)

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024