Nunun Dicecar Soal Pemesan Cek Pelawat

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Dalam waktu dekat KPK akan melimpahkan berkas pemeriksaan tersangka kasus cek pelawat Nunun Nurbaetie Daradjatun ke tahap penuntutan.

Namun sebelum merampungkan berkas istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun yang hari ini kembali menjalani pemeriksaan di KPK mengaku diperiksa terkait perkenalannya dengan petinggi PT First Mujur.

"Ibu diberikan 12 pertanyaan oleh penyidik. Materi hanya seputar apakah kenal dengan Ferry Yen, Budi Santoso dan Teddy Uban," kata Kuasa Hukum Nunun, Ina Rachman, di Jakarta, Rabu 1 Februari 2012.

Ferry Yen diketahui merupakan rekanan PT First Mujur, sementara Teddy Uban adalah Dirut PT First Mujur dan Budi Santoso, Direktur Keuangan First Mujur.

Terkait hal itu, Ina menegaskan bahwa Nunun Nurbaetie tidak mengenal ketiga orang yang dimaksud. "Ibu membantah kenal mereka semua," ujarnya.

Sebagaimana diketahui PT First Mujur merupakan perusahaan yang mengajukan permohonan pembelian cek sebanyak 480 lembar senilai Rp50 juta untuk transaksi pembelian lahan kelapa sawit di Sumatera Utara.

Rekanan PT First Mujur, Suhardi alias Ferry Yen meminta untuk pembelian lahan sawit ini menggunakan cek perjalanan. Kemudian PT First Mujur menyanggupi dan membeli cek tersebut ke Bank Artha Graha. Namun, karena bank tersebut tidak bisa memenuhi, Artha Graha membeli cek dari Bank International Indonesia (BII).

Ferry tiba-tiba membatalkan transaksi tersebut, namun cek sudah terlanjur diserahkan kepada Ferry. Sampai beredar kabar Ferry meninggal di tahun 2007 belum diketahui alasan pembatalan transaksi.

Alhasil cek untuk transaksi jual beli lahan sawit tersebut malah berpindah tangan ke Nunun Nurbaetie, tersangka kasus cek perjalanan yang kemudian dibagi-bagikan ke mantan anggota DPR Komisi IX periode 1999-2004 dalam rangka pemilihan Miranda sebagai DGS BI tahun 2004. (eh)

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024