Hatta Ali dan Ahmad Kamil, 2 Calon Ketua MA

Ketua Muda Pengawasan, Hatta Ali
Sumber :
  • mahkamahagung.go.id

VIVAnews - Mahkamah Agung akan memilih Ketua baru pagi ini. Ada dua nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat untuk menggantikan posisi Harifin Andi Tumpa sebagai ketua pengadilan tertinggi di Indonesia itu. Dua nama itu adalah Hatta Ali dan Ahmad Kamil.

Hatta Ali saat ini menjabat sebagai Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung. Karir pria kelahiran Pare-Pare 7 April 1950 itu cukup cepat. Hatta Ali terpilih menjadi Hakim Agung pada 2007, sebelumnya dia menjabat sebagai Direktur Badan Peradilan Umum MA dan juga pernah menjabat sebagai Sekretaris MA.

Tak sampai 2 tahun menjadi Hakim Agung, Hatta Ali lantas langsung dipilih sebagai Ketua Muda Pengawasan MA. Hatta Ali saat ini juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi), sebuah organisasi perkumpulan hakim. Jabatannya pun kini merangkap sebagai Juru Bicara Mahkamah Agung.

Selama bertugas sebagai Ketua Muda Pengawasan MA, tak sedikit hakim yang telah dipecat Hatta Ali. Namun, tak sedikit pula hakim bermasalah yang ditangkap KPK karena menerima suap di era Hatta Ali ini.

Sebelum menjadi Hakim Agung, Hatta Ali diketahui memiliki harta sebanyak Rp1,4 miliar. Hatta Ali pun juga pernah diperiksa Komisi Yudisial atas kasus penyuapan yang dilakukan pengacara probosutedjo, Harini Wijoso.

Selain Hatta Ali, Ahmad Kamil juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat. Bahkan Ahmad Kamil sudah resmi menyatakan akan maju dalam perebutan kursi Ketua MA.

Pria kelahiran Pamekasan 28 Januari 1946 itu kini menjabat sebagai Wakil Ketua MA bidang Yudisial. Sebelumnya, Ahmad Kamil menjabat sebagai Ketua Muda MA Bidang Pembinaan.

Meski demikian, selain dua nama itu, masih ada 7 kandidat lainnya yang diprediksi dapat mengisi kursi Ketua MA. Mereka adalah Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, Ketua Muda Tata Usaha Negara (TUN) Paulus Effendi Lotulung, Ketua Muda Pidana Umum Artidjo Alkostar, dan Ketua dan Muda Agama Andi Syamsu Alam.

Nama, lainnya adalah Ketua Muda Perdata Atja Sodjadja, Ketua Muda Perdata Khusus Mohammad Saleh, Ketua Muda Militer Imron Anwari, dan Ketua Muda Pembinaan Widayatno Sastro Hardjono.

Daftar Lengkap Harga Motor Matic Yamaha per Mei 2024, Berapa Nmax dan Aerox?
Ilustrasi Kereta api melintas

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa kereta api tambahan

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024