KPK Tindak Lanjuti Pengakuan Wa Ode

Politisi PAN, Wa Ode Nurhayati, saat ditahan KPK
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti pengakuan tersangka suap Wa Ode Nurhayati terkait dugaan keterlibatan sejumlah politisi dan pimpinan Badan Anggaran DPR.

"Ini kan soal pengayaan, pengayaan pasti dong, sistem di KPK kalau begitu penyidikannya jalan, tim penyelidik dan penyidiknya jalan dan langsung nempel," kata Bambang usai mengikuti rapat kerja dengan Timwas Century di Gedung DPR, Rabu 15 Februari 2012.

Usai diperiksa KPK kemarin, Wa Ode mengungkapkan adanya keterlibatan sejumlah politisi termasuk Ketua Badan Anggaran Melchias Markus Mekeng. Para politisi itu diduga ikut terlibat dalam kasus suap pencairan dana percepatan pembangunan infrastruktur daerah (DPPID) untuk tiga kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam.

Bambang mengatakan, apapun dan siapapun yang disebut-sebut Wa Ode dalam pemeriksaannya akan ditindaklanjuti dan akan dilakukan konfirmasi.

"Itu kan nanti dinilai oleh penylidik dan dikonfirmasi lagi. Itu semua nama yang dikemukakan, itu pasti akan dikonfirmasi dan konfrmasi itu psti memerlukan alat bukti yang lain, kan ga bisa dong nama yang disebut-sebut kita langsung panggil, kan ada prosesnya, pengayaan jalan, proses itu ditelaah lebih lanjut," kata dia.

Kemarin Nurhayati membantah tudingan bahwa dirinya bermain sendiri dalam proyek itu. Dia mengatakan bahwa dia tak bisa memutuskan usulan daerah penerima proyek seorang diri. Lalu apa tanggapan KPK?

"Saya informasinya bu Wa Ode harusnya menjelaskan semua yang dia ketahui, tapi kalau pernyataan itu kan sudah sebuah kesimpulan, kan kita tidak bisa dong saya menyebut itu kan mestinya dia jelaskan, saya ketemu dengan ini, ketemu dengan itu, begitu dong," kata Bambang.

Mekeng sudah membantah dirinya dan pimpinan Banggar terlibat dalam kasus Wa Ode. "Media yang menuduh pimpinan Banggar terlibat. KPK kan bekerja dengan fakta dan alat bukti. Tapi media yang suka menggiring kesana-kesini menuduh pimpinan terlibat," kata politisi Golkar itu.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024