Bermodal Wisata, Investasi Bali Lewati Target

Pembukaan Festival Denpasar 2011
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Provinsi Bali, Ida Bagus Made Parwata, menargetkan investasi yang masuk ke Pulau Dewata pada tahun ini bisa mencapai Rp18,3 triliun.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Target itu bisa terealisasi jika pertumbuhan ekonomi Bali berada di kisaran 6,5 persen. Selama ini, Bali menggantungkan sumber investasi dari sektor tersier berupa pembangunan akomodasi pariwisata.

“Soal pemberian izin, kami mempertimbangkan kebijakan lokal seperti moratorium pembangunan akomodasi pariwisata di Bali selatan,” kata Parwata di Denpasar, Bali, Rabu, 15 Februari 2012.

BPMP Bali tahun lalu menargetkan nilai investasi sebesar Rp15,3 triliun. Pada triwulan I-2011, perolehan nilai investasi mencapai Rp4 triliun. Sementara itu, sepanjang 2011, realisasi investasi Bali hanya mencapai Rp9 triliun.

Kendati masih di bawah target, Parwata mengatakan, nilai investasi itu belum memperhitungkan investasi yang berasal dari pemerintah melalui belanja modal dan kredit perbankan.

“Kami masih menunggu nilai investasi dari pemerintah dan sektor perbankan. Perkiraan kami, total investasi akan melebihi target, yakni di atas Rp15,3 triliun atau naik sekitar 200 persen,” ujarnya.

Selama ini, sumber pemasukan investasi di Bali hampir seluruhnya berasal dari sektor tersier yang menyumbang hingga 86 persen. Sementara itu, sektor primer atau pertanian tergolong paling rendah, dengan pertumbuhan investasi di bawah 1 persen. (art)

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Salshabilla Adriani

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Salshabilla Adriani membantah tudingan tersebut. Dia mengklarifikasi bahwa saat berada di Bali, dia tidak hanya berdua dengan Rizky Nazar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024