Jalur Lintas Selatan Terbangun 2 Kilometer

Ironi megaproyek jalur lintas selatan
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY, menargetkan pada 2012 realisasi pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan Jawa bertambah hingga 1 kilometer.

"Hingga saat ini, JJLS sudah jadi hingga 2 kilometer mulai dari Pantai Pandansimo hingga timur Pantai Kuwaru. Diharapkan pada tahun ini dapat direalisasikan 1 kilometer lagi," kata Sekda Kabupaten Bantul, Riyantono, Selasa, 21 Februari 2012.

Menurut Toni, sapaan Riyantono, JJLS yang melewati Kabupaten Bantul itu mencapai 13,7 kilometer mulai dari Kecamatan Srandakan hingga Kecamatan Kretek. Tanah yang sudah dibebaskan tanahnya baru mencapai 2 kilometer. "Sedangkan 1 kilometer lagi baru akan dilakukan pembebasan tanah," ujarnya.

Anggaran yang disiapkan untuk pembebasan tanah sepanjang 1 kilometer itu dibagi antara Pemkab Bantul, Provinsi DIY, dan pemerintah pusat. APBD Bantul sendiri menganggarkan Rp300 juta, sedangkan sisanya ditanggung oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Toni mengatakan, pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer dibutuhkan biaya hingga Rp3,3 miliar, termasuk pembangunan infrastuktur jalan dan pembebasan tanahnya.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Kalau dihitung, negara telah mengeluarkan uang tak kurang dari Rp6,6 miliar untuk pembebasan tanah dan pembangunan JJLS sepanjang 2 kilometer," ujarnya.

Pemda harus menghadapi kendala harga tanah yang naik hingga 300 persen dari harga yang diinginkan. Pemda menyiapkan dana Rp300 ribu per meter persegi. Namun kenyataannya, warga hanya mau melepas jika dibeli Rp900 ribu per meter persegi. (art)

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024