OPEC Pangkas Produksi Minyak Dunia

Purnomo: Cara Itu Tidak Efektif Naikkan Harga

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro menyatakan, pemangkasan produksi minyak Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) tidak efektif mengerek harga minyak mentah hingga US$ 70 per barel.

Langkan OPEC tidak efektif karena pangsa pasar OPEC sudah kecil. "Hanya 35 persen dari produksi minyak mentah dunia," ujar Purnomo di sela Rapat Kerja dengan Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Senin 23 Februari 2009.

Menurut dia, ceritanya akan lain jika OPEC bekerja sama dengan negera-negara penghasil minyak non OPEC, seperti Norwegia, Rusia, dan Mexico. Pemangkasan produksi bisa menaikkan harga minyak.
 
Purnomo mengatakan, OPEC pasti berharap pemangkasan produksi itu untuk menaikkan harga minyak dunia yang saat ini masih rendah. "OPEC tidak akan rela harga rendah, mereka pasti akan mendorong agar lebih tinggi," kata dia.

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina
Ilustrasi hidung/bibir.

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Bibir kering, pecah-pecah, dan gelap sangat rentan terjadi pada seseorang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menjadi masalah kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024