Anne Hathaway, Si Seksi Catwoman (II)

Anne Hathaway sebagai Catwoman
Sumber :
  • REUTERS/Ron Phillips/Warner Bros/Handout

VIVAlife - Sosok aktris Anne Hathaway pastinya sudah tak asing lagi bagi para pecinta film. Lewat perannya sebagai Mia Thermopolis di film The Princess Diaries (2001), Hathaway sukses memikat para penggemar.

Lebih dari sepuluh tahun berlalu, nama artis cantik kelahiran New York, 12 November 1982 ini pun kembali hangat diperbincangkan. Hathaway berhasil menyisihkan sejumlah aktris top Hollywood lainnya untuk memerankan karakter Catwoman di film terbaru Batman, The Dark Knight Rises.

Keberhasilan Hathaway di dunia akting saat ini, tidak diraihnya dengan sekejap mata. Ia harus melalui perjalanan berliku hingga akhirnya bisa mencatatkan diri sebagai salah seorang aktris Hollywood papan atas. Selain dikenal dengan bakat aktingnya, seluk beluk kehidupan pribadi Hathaway juga tak lepas dari sorotan media.

Nominasi Oscar

Susunan Pemain Indonesia Vs Jepang di Uber Cup, Gregoria Mariska Lawan Akane Yamaguchi

Anne Hathaway di Film Rachel Getting Married

Dari seluruh film yang pernah dibintangi Hathaway, Rachel Getting Married lah yang menuai pujian dari banyak kritikus film. Austin Film Critics Association Award, Broadcast Film Critics Association, hingga Chicago Film Critics Association Award kompak memberikan penghargaan artis terbaik kepada Hathaway atas perannya sebagai mantan pecandu narkoba di film tersebut.

Tak hanya itu, film Rachel Getting Married juga sukses mengantarkan Hathaway meraih nominasi aktris terbaik di ajang Academy Awards dan Golden Globe Award. Dalam Academy Awards yang dihelat pada 2009 lalu, Hathaway dinominasikan bersama Angelina Jolie, Melissa Leo, Kate Winslet, dan Meryl Streep. Meski demikian, penghargaan tersebut akhirnya jatuh ke tangan Winslet yang bermain dalam film The Reader.

Sarwendah Blak-blakan Soal Sakit yang Diidap Hingga Harus Operasi

Sementara itu kemampuan Hathaway menjadi pengisi suara dalam salah satu episode serial televisi The Simpsons juga diakui oleh para kritikus. Hathaway yang mengisi suara untuk karakter Princess Penelope ini mengantongi penghargaan Outstanding Voice-Over Performance dalam ajang Primetime Emmy Award.

Diet esktrem

Anne Hathaway

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan

Seperti beberapa bintang Hollywood lainnya, Hathaway nekat melakukan apapun demi menghayati perannya, termasuk dalam film Les Miserables. Dalam film terbarunya ini, ia berperan sebagai pekerja seks yang sekarat karena mengidap TBC. Hathaway pun tak mau tanggung-tanggung memerankan karakter tersebut.

Demi perannya itu, ia dikabarkan menjalani diet ekstrem untuk menurunkan berat badan. Aktris berusia 29 tahun  ini, hanya mengkonsumsi makanan 500 kalori sehari, padahal idealnya konsumsi makanan diet yang dianjurkan 2.000 kalori per hari.

Agar memperoleh bentuk tubuh yang sesuai, Hathaway hanya makan dua apel dan minuman shake mengandung protein setiap harinya. Selama menjalani diet ekstrem, Hathaway dikabarkan berhasil menurunkan berat badan hingga 7 kilogram dalam waktu tiga pekan. Kepada majalah Allure, Hathaway menyebut dietnya tersebut sebagai sebuah hal gila.

“Saya sedang melakukan beberapa hal gila terkait berat badan,” ucapnya.

Tak hanya menurunkan bobot tubuhnya, Anne Hathaway juga rela memangkas pendek rambut panjangnya. Dalam salah satu adegan Les Miserables, ia memang diharuskan memotong rambutnya sendiri dengan melibatkan emosi.

Hal ini ternyata terbawa hingga akhir pengambilan gambar. Hathaway bahkan sempat merasa takut dan tak ingin ke salon. Menurut salah satu kru film, ia beberapa kali terlihat meneteskan air mata setelah pengambilan gambar.

Tampil “polos”

Anne Hathaway dan Jake Gyllenhaal

Dalam rangka promosi film Love and Other Drugs (2010), Hathaway dan Jake Gyllenhaal didapuk berfoto tanpa busana untuk sampul depan majalah Entertainment Weekly. Dalam sesi pemotretan, keduanya terlihat santai dan tidak merasa canggung.

Sang fotografer, James White mengaku merasa nyaman saat bekerjasama dengan aktor dan aktris yang disebutnya sangat kooperatif. "Mereka tidak terlihat canggung dan malu-malu. Saya  rasa mereka sudah mulai terbiasa untuk terlihat tanpa busana satu sama lain, sesuai dengan adegan film yang mereka lakoni," kata White bergurau.

Bertunangan

Anne Hathaway dan Adam Shulman - Reuters

Kesuksesan Hathaway di dunia akting tak berbanding lurus dengan kisah asmara sang aktris. Ia harus mengalami pahitnya pengalaman cinta dengan sejumlah pria sebelum akhirnya menemukan cinta sejati.

Pada awal 2000-an, Hathaway sempat diisukan berkencan dengan bintang serial That '70s Show, Topher Grace. Meski isu tersebut belum dikonfirmasi kebenarannya, Hathaway sendiri telah mengakui bahwa ia sempat menyukai Grace. Hal ini terungkap ketika sutradara Garry Marshall memasang keduanya sebagai sepasang kekasih dalam film Valentine's Day pada tahun 2010.

Marshall menuturkan, terpilihnya Grace untuk membintangi film Valentine's Day tak lepas dari pengakuan Hathaway. "Anne Hathaway, ia memberitahu saya tentang aktor yang ia pernah sukai ini, (lalu) kami mengontrak Topher Grace," kata Marshall seperti dikutip dari laman Aceshowbiz.

Pada tahun 2002, Hathaway dikabarkan berpacaran dengan pengusaha restoran, Scott Sartiano. Menurut New York Post, saat syuting Nicholas Nickleby, aktris cantik ini rela bolak-balik London-New York untuk menemui sang kekasih, setiap akhir pekan. Meski demikian, dalam hitungan bulan, kedua sejoli ini memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka.

Pada tahun 2004, Hathaway menjalin cinta dengan pebisnis keturunan Italia dan Amerika, Raffaello Follieri. Kisah asmara keduanya menjadi sorotan hangat media setelah Follieri terlibat skandal yang menyeretnya ke ranah hukum.

Setelah empat tahun berpacaran, Hathaway akhirnya putus dengan Follieri menyusul skandal tersebut. Pada Oktober 2008, Follieri dijatuhi hukuman 4,5 tahun penjara karena menipu investor hingga jutaan dolar dengan mengaku sebagai orang dalam Vatikan.

Tak butuh waktu lama bagi Hathaway untuk menemukan kekasih baru. Pada tahun 2008, Hathaway dikabarkan menjalin cinta dengan seorang aktor yang juga desainer perhiasaan, Adam Shulman. Setelah beberapa tahun pacaran,  pasangan ini resmi bertunangan pada akhir tahun 2011.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya