Provost Jaga Ketat Alat Bukti SIM di KPK

Kontainer barang bukti KPK
Sumber :

VIVAnews - Sejumlah anggota Provost dari Mabes Polri terlihat berjaga-jaga di KPK. Kehadiran mereka di Gedung KPK ini bukan tanpa sebab. Mereka menjaga ketat barang bukti korupsi simulator SIM yang telah disita KPK.

Barang bukti yang disita dari Kantor Korlantas Mabes Polri itu berada di sebuah mobil kontainer yang diparkir di area parkir gedung KPK. Hingga saat ini, kontainer itu belum dapat dibuka penyidik KPK, karena ketatnya penjagaan dari lima orang berbadan tegap yang memakai baju batik.

"Mereka provost, pokoknya anggotanya mereka sejak kasus ini muncul," ujar salah satu petugas keamanan KPK, Jumat 3 Agustus 2012.

Informasi lain menyebutkan, kunci gembok kontainer berisi barang bukti itu saat ini dipegang Ketua Tim Satgas KPK. Kontainer itu hanya berjarak 15 meter dari pos kemanan KPK bagian pintu belakang gedung KPK.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan untuk membawa pulang barang bukti dari Korlantas Polri, KPK telah mengantongi penetapan pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 30 Juli 2012. "Jadi dengan penetapan itu bahwa  barang-barang yang disita harus dibawah kewenangan KPK," ujar Bambang.

Terkait penjagaan barang bukti oleh sejumlah personel kepolisian, Bambang mengaku tidak risau. Pasalnya mereka tidak akan menghalan-halangi penyidikan. "Kepolisian menjaga alat bukti dan tidak menghalang-halangi," kata dia.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan 4 tersangka. Mereka adalah mantan Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Djoko Susilo Wakorlantas Brigjen DP, serta dua rekanan yakni BS dari PT CMMA dan SB dari PT ITI.

Tak mau kalah dengan KPK, Bareskrim Mabes Polri mengaku juga tengah mengusut kasus serupa. Bahkan, Mabes Polri sudah menetapkan tersangka lebih banyak, yakni lima orang. Mereka adalah Wakorlantas Brigjen DP, AKBP TF, bendahara Kompol L, dan dua dari pihak pemenang tender simulator SIM.

Tiga orang yang ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan Mabes Polri ini ternyata sama. (adi)

5 Negara yang Bisa Hidup Mewah dengan Biaya Hidup Lebih Murah
Ilustrasi gigi.

Pertama di Dunia, Ilmuwan Jepang Ujicoba Obat Penumbuh Gigi Orang Dewasa

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tapi untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan akan menguji obat yang diduga mampu menumbuhkan kembali gigi manusia dewasa.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024