Dow Jones Positif, IHSG Tembus Level 4.150?

Lantai bursa.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia diprediksi kembali menguat pada perdagangan Senin 6 Agustus 2012, melanjutkan pergerakan positif penutupan transaksi di akhir pekan lalu.

Menurut analis PT MNC Securities Edwin Sebayang, sentimen penguatan tajam indeks Dow JonesĀ  hingga 217,29 poin (1,69 persen) ke 13.096,17, level tertinggi dalam tiga bulan terakhir pada penutupan perdagangannya akhir pekan lalu, menjadi faktor utama ramainya kembali bursa domestik.

"Menguatnya laporan pekerjaan AS di bulan Juli dan adanya pernyataan The Fed yang terbuka untuk mengeluarkan paket stimulus baru menjadikan Dow positif empat minggu berturut dan tertinggi dalam tiga bulan terakhir," kata dia kepada VIVAnews, Senin.

Selain itu, Edwin menambahkan, ekspektasi pelaku pasar akan positifnya data produk domestik bruto (GDP) Indonesia kuartal II-2012 yang diperkirakan tetap tumbuh di atas enam persen, yakni 6-6,1 persen, turut memberikan sentimen positif ke perdagangan saham di BEI.

Terpopuler: Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Pajero Sport yang Bikin Insinyur Menangis

"IHSG berpeluang tembus di atas level 4.150, yaitu dengan kisaran 4.072 hingga 4.159," ujarnya.

Ikhsan Binarto, analis di PT Indo Premier Securities juga berpendapat bahwa pergerakan positif indeks acuan Dow Jones yang direspon penguatan pagi ini akan mendorong berlanjutnya penguatan IHSG hari ini.

"IHSG berpotensi kuat bermain lagi di atas level psikologisnya 4.100, yakni di 4.150," kata dia saat dihubungi VIVAnews di tempat terpisah.

Dia menambahkan, sisi teknis turut menunjukkan peluang indeks masih bertahan di teritori positif pada perdagangan awal pekan ini, setelah berhasil berbalik arah menguat di Jumat lalu dari penurunan tajam dua hari terakhir perdagangan.

Nekat Selundupkan Sabu 6 Kg, Tiga Warga Aceh Diringkus di Bandara Kualanamu
Polisi saat mendatangi lokasi TKP di STIP, Jakut

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Tewasnya Taruna STIP, Ini Perannya

Tiga tersangka baru itu merupakan taruna STIP atau senior dari korban Putu Satria. Mereka bertiga punya peran berbeda dalam tragedi penganiayaan terhadap korban.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024