Satu Menara 99 M Masjid Raya Bandung Ditutup

Pemandangan dari Menara Masjid Raya Bandung
Sumber :

VIVAnews -- Sembari menunggu waktu berbuka puasa atau lebih dikenal dengan istilah ngabuburit, warga Bandung seringkali memanfaatkan waktu dengan melihat suasana kota dari atas menara Masjid Raya Agung Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika. Menara itu memiliki tinggi 99 meter dari permukaan tanah.

Layaknya Tugu Monas di Jakarta, menara yang berada di samping utara dan selatan yang mengapit bangunan Masjid Agung Kota Bandung ini, juga dibuka untuk umum. Terlebih saat bulan puasa tiba, lonjakan pengunjung begitu terasa. Namun, di saat antusiasme warga melonjak, salah satu menaranya yang berada di sebelah kiri masjid atau sebelah selatan tidak difungsikan.

Menurut petugas jaga menara, Irwan Sujana, menara ini memang sudah rusak sejak dua bulan lalu. Sejak memasuki bulan puasa, operasionalnya dihentikan. "Biasanya memang kalau bulan puasa, suka dioperasikan dua menara, hanya saja saat ini baru bisa satu menara saja yang dioperasikan," papar dia, Senin 6 Agustus 2012.

Menurut Irwan, sejak memasuki bulan puasa, pihak Masjid tidak memperbolehkan pengunjung naik ke menara selatan dengan alasan keamanan.

Saat didesak perihal kerusakan menara selatan Masjid Agung Bandung, Irwan hanya mengatakan bahwa masalahnya akibat lift darurat yang rusak. "Kalau yang saya tahu kemarin itu, masalah emergency lift-nya rusak tidak berfungsi sama sekali, sehingga membahayakan pengunjung. Bahkan petugas masjid pun tidak berani naik di menara bagian selatan tersebut," papar Irwan.

Dari pantauan VIVAnews, setiap harinya di hari biasa pengunjung menara masjid agung Bandung ini bisa mencapai 100 orang per hari. "Karena ini bulan puasa biasanya sampai 400 orang per hari, untuk hari Sabtu dan Minggu sekitar 500-700 orang perharinya," ungkap Irwan Sujana. (sj)

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan
Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Selebgram Chandrika Chika dan 5 temannya di sebuah hotel di Setiabudi, Jakarta Selatan lantaran melakukan pesta narkoba jenis ganja.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya mengajukan selebgram Chandrika Chika untuk melakukan rehabilitasi. Rencananya, Chika akan direhabilitasi di pusat BNN Lido.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024