Alergi Langka, Hipersensitif Mangga

Salad mangga
Sumber :
  • www.ncc-indonesia.com

VIVAlife - Siapa tak suka buah mangga? Di balik kenikmatan dan kandungan nutrisi yang baik baik bagi tubuh, buah favorit ini bisa memicu alergi langka dengan efek sangat serius: hipersensitif mangga. 

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Ada sekitar 10 kasus dilaporkan di seluruh dunia dalam 12 bulan terakhir. Salah satunya, Sunneta Rawat, 46, yang menjalani perawatan di Vallabhbhai Patel Dada Institute di Universitas Delhi, India, setelah didiagnosis menderita hipersentivitas langsung (tipe 1). 

Sunneta datang ke rumah sakit setelah timbul reaksi serius 15 menit usai makan mangga matang. Tak hanya batuk dan sesak napas, tapi juga pembengkakan di sekitar mata dan bibir, kemerahan pada kulit, serta biduran. 

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

"Polip dan kista juga dapat berkembang setelah penderita alergi memakan buah mangga," kata Dr Ashok Shah, profesor spesialis pernapasan di Vallabhbhai Patel Dada Institute, seperti dikutip situs Daily Mail. 

Dr Shah menambahkan, hipersensitif mangga termasuk reaksi alergi yang jarang sekali terjadi. Namun, ketika sudah menyerang bisa menimbulkan efek fatal, merusak jaringan tubuh yang memicu kematian. 

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Dalam beberapa kasus, penderita bahkan bisa memunculkan reaksi alergi hanya melalui kontak dengan getah pohon mangga atau konsumsi buah mangga kalengan.

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024