Suryadharma Resmi Buka Sidang Isbat

Menteri Agama Suryadharma Ali
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali, secara resmi telah membuka sidang isbat di Kementerian Agama untuk menentukan Idul Fitri 2012. Bila hilal saat ini sudah bisa dipastikan berada 7 derajat di atas ufuk, maka Lebaran jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012 besok.

"Secara resmi sidang saya buka dan terbuka untuk umum," kata Suryadharma Ali.

Disampaikan Suryadharma Ali, sebagaimana menjelang awal Ramadan, maka menjelang awal bulan Syawal ini, Kementerian Agama telah memerintahkan semua wilayah untuk melakukan rukyat dengan melibatkan Pengadilan Agama, instasi terkait dan ormas islam serta tokoh islam, untuk melakukan pengamatan hilal.

"Pada malam hari ini, Allah izinkan kita kembali menggelar sidang isbat. Pemantauan dilakukan dari planetarium dan observatorium diberbagai wilayah. Tidak hanya menunggu hasil dari dalam negeri tapi juga dari sejumlah negara," katanya.

Sebelumnya, tim falakiyah NU Gresik, Jawa Timur, memperkirakan hilal 1 Syawal akan terlihat petang ini. Salah satu anggota falakiyah Abdul Muid mengatakan, bahwa cuaca cerah pada siang dan menjelang sore ini sangat mendukung tim mengukur posisi dan arah secara valid. Pada sore hari bisa dipastikan hilal sudah bisa dengan mudah dilihat mata telanjang dan Lebaran bisa dipastikan besok. (adi)

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024