Intip Suasana Lebaran di Rumah Asmirandah

Asmirandah
Sumber :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

VIVAlife - Suasana Lebaran sangat terasa di rumah Asmirandah di Jalan Tanah Baru, Depok, Selasa 21 Agustus 2012. Kue-kue kering masih tertata rapi di meja tamunya.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Selama dua hari Lebaran, 19 dan 20 Agustus lalu, rumah Andah sapaan akrab Asmirandah menjadi tempat berkumpul saudara-saudaranya, karena sang nenek kini tinggal bersamanya.

"Saya di rumah saja, karena banyak tamu," ungkap Andah saat dikunjungi media di rumahnya.

Biasanya, Andah keliling bersama keluarga, berjalan sampai ke rumah kakak dari kakeknya. Namun karena beliau sudah tidak ada, semua pun berkumpul di rumah Andah. "Papa juga selalu di sini kalau Lebaran, karena di Belanda kan nggak ada lebaran," imbuh bintang sinetron itu.

Gadis blasteran Belanda ini juga mengaku tidak ada tradisi Lebaran yang berbeda dalam keluarganya. Paling-paling, hanya metode meminta maafnya yang sedikit 'nyeleneh'. "Tradisi muslim di Indonesia kan biasanya sungkeman, kalau aku nggak pakai sungkem. Maaf-maafan biasa saja, malah biasanya sambil bercandaan," ia bercerita.

Tahun ini, karena semua berkumpul di rumahnya, Andah dan sang mama pun sibuk mempersiapkan banyak hidangan. Keluarga Andah menggelar masak besar. Menu yang selalu ada, opor dan semur. "Rendang nggak selalu, yang pasti ada itu opor dan semur, sama ketupat sayur. Kalau semur bagian mama, aku bagian opor," lanjutnya.

Sedangkan soal kostum, mantan kekasih Dude Herlino itu sengaja tidak memakai seragam dengan seluruh keluarga di hari raya. Bukan hanya itu, ia pun mengaku tak pernah memakai baju baru. Baginya, yang penting hatinya kembali suci.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

"Nggak pakai seragam. Aku juga nggak pernah pakai baju baru. Menurutku itu nggak penting, yang penting hatinya baru," tuturnya bijak. (umi)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024