Wilayah Bebas Korupsi, RI Terobsesi Kalahkan Malaysia

Armida S. Alisyahbana
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Kejar Malaysia dan Thailand dalam hal pemberantasan korupsi, jajaran pemerintahan berbondong-bondong mencanangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK).

Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas bahkan sampai mendeklarasikan upaya membersihkan korupsi di Indonesia tersebut yang dilakukan hari ini.

Berdasarkan hasil riset transparansi internasional, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) saat ini di level 3,0 atau peringkat 100, sedangkan Malaysia 4,3 (60) dan Thailand 3,4 (80). IPK merupakan salah satu indikator akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di suatu negara.

"Pencanangan ZI-WBK merupakan momen tepat untuk menegaskan seluruh pimpinan dan pegawai Kementerian PPN/Bappenas untuk mewujudkan integritas dan bebas korupsi," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida S Alisjahbana, di kantornya, Jakarta, Senin 10 September 2012.

Armida mengklaim, kementeriannya telah menerapkan berbagai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi. Salah satunya adalah penandatanganan pakta integritas penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggara negara pada saat pelantikan pejabat struktural.

Dari penerapan itu, Kementerian PPN/Bappenas mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan kementerian selama empat tahun berturut-turut sejak 2006. "Rekrutmen CPNS juga dilakukan secara terbuka serta penerapan pengadaan barang dan jasa secara online (e-procurement) juga telah diterapkan," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong pencanangan ZI-WBK pada kementerian dan lembaga (K/L) ke depannya.

Vespa Klasik Milik Babe Cabita Dilelang Istri dengan Harga Awal Rp70 Juta, Ini Spesifikasinya

Hingga saat ini, Kementerian PPN/Kepala Bappenas merupakan kementerian kedelapan yang telah mencanangkan ZI-WBK tersebut. "Untuk tingkatan K/L, ini (ZI-WBK) dicanangkan di 35 K/L," tandasnya. (art)

Siti Badriah, Krisjiana Baharudin dan anaknya

Anak Mulai Besar, Siti Badriah Siap Jalani Program Hamil Anak Kedua?

Diketahui, Siti Badriah dan Krisjiana dikaruniai anak pertama pada 18 Maret 2022. Anak pertama Siti Badriah dan Kris itu diberi nama Xarena Zenata.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024