Wulan Guritno

Wulan Guritno usai pembuatan video klip Konspirasi Band
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Nama Lengkap: Wulan Lorraine Guritno

Nikita Mirzani

Tempat/ Tanggal Lahir: London, 14 April 1980

Pekerjaan: Aktris, Model, Presenter

Krisdayanti

Pasangan: Adilla Dimitri

Twitter: @WulanGuritno

Indra Lesmana

Wulan Guritno terkenal setelah menjadi presenter sebuah acara olahraga di layar televisi. Di masanya, tak banyak wanita yang tampil sebagai presenter olahraga dengan banyak penggemar pria. Bersama presenter Dik Doank, Wulan apik membawakan acara sepak bola di televisi. Sejak 2001, Wulan berkarier sebagai presenter di Highlight Liga Italia di RCTI yang kemudian berubah menjadi Lega Calcio.  

Setahun kemudian, saat piala dunia 2002 berlangsung, ia kembali dipercaya membawakan acara World Cup-Tainment di RCTI. Ini berlanjut dan Wulan dipercaya menjadi presenter Euro 2004 di stasiun televisi yang sama. Wulan juga pernah mempresenteri acara liga Indonesia 2007 di stasiun televisi swasta Lativi dan Highlight Formula 1 di Global TV. 

Selain merambah dunia presenter, Wulan kemudian mulai ambil peranan sebagai pemain sinetron dan film layar lebar. Dia turut membintangi film Gie dan Janji Joni. Di Gie, ia bermain bersama Nicholas Saputra. Gie (2005) arahan sutradara Riri Riza mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.  

Di dalam film ini, Wulan berperan sebagai salah satu rekan Gie. Pada Festival Film Indonesia 2005, Gie yang mencuri perhatian sekitar 350.000 penonton berhasil memenangkan tiga penghargaan, masing-masing dalam kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik (Nicholas Saputra), dan Penata Sinematografi Terbaik (Yudi Datau). Wulan juga membintangi sejumlah film seperti Kejar Jakarta, Naga Bonar Jadi Dua dan Otomatis Romantis

Selain film, puluhan sinetron pernah ia bintangi di antaranya Dilarang jatuh Cinta, Terpikat, Mencintaimu, serta Dua Hati Menyatu. Selain berada di depan layar, Wulan mulai menjajal kemampuan menjadi sutradara film. Dari tangannya, Wulan menelurkan film indi pertamanya, berjudul Bidan Lelaki.  

Mencoba Dunia Politik 

Wulan kembali menantang dirinya bersamaan dengan musim politik 2009 lalu. Ia maju ke dunia politik sebagai calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sayang, ibu tiga putri ini terganjal masalah ijazah sampai akhirnya Wulan memilih mundur dan tidak mengikuti bursa caleg. 

Awali Karier di Dunia Model 

Wulan yang merupakan peranakan Solo-Inggris lahir di London 32 tahun yang lalu. Sejak usia belia, dia mulai mengejar karier lewat dunia model. Selain mengahabiskan masa kanak-kanak di Indonesia, di usia belia, 13 tahun Wulan telah menjalin asmara dengan Attila Syach. Wulan sempat mengecap sekolah di negeri asal salah satu orangtuanya, Inggris. Wulan belajar di Taliaconti Academy of Teater Art London.  

Sepulang dari London, Attila dan Wulan tetap berhubungan dan akhirnya menikah dalam usia muda. Di usia remaja, pasangan ini memperoleh seorang anak, Shaloom Syach Razadee. Namun pernikahan mereka tidak bertahan lama. Attila dan Wulan memutuskan bercerai.  

Pasca perceraiannya dengan Attila, Wulan sempat menjalin hubungan dengan pembalap mobil nasional Ananda Mikola, namun pada akhirnya hubungan mereka kandas di tengah jalan. 

Awal 2009, Wulan kembali dekat dengan lawan jenis. Kali ini Wulan dekat dengan seorang sutradara, Adilla Dimitri. Hubungan asmara yang dijalinnya dengan Adilla telah memasuki babak baru. Wulan mengaku, bersama Adilla, ia mantap melangkah ke gerbang pernikahan. Karena pernah mengalami kegagalan pada pernikahan sebelumnya, di pernikahan keduanya, Wulan lebih berhati-hati, terlebih lagi, Wulan telah memiliki seorang putri, Shaloom. 

Pada Jumat, 27 Maret 2009, Wulan resmi melepas status jandanya. Prosesi akad nikah berlangsung di kediaman Wulan dengan mas kawin seperangkat alat sholat. Sementara resepsi pernikahannya digelar di JCC bulan April 2009. 

Setelah menikah, karier Wulan semakin naik, terutama di dunia seni peran. Terbukti dua film berhasil ia dirilisnya setelah menikah dengan Adilla. Wulan merilis dua film selama 2009, yaitu Rasa dan Bukan Cinta Biasa. Di tahun yang sama, Wulan kembali hadir di salah satu film anak berjudul King yang rilis di akhir tahun. 

Tersandung Video Asusila 

Di awal pernikahan, kehidupan pasangan ini sempat tertimpa masalah. Pasalnya, sebuah tayangan video asusila yang beredar luas di internet mirip dengan dirinya sedang bermesraan dengan seorang pria yang mirip dengan Ananda Mikola. Wulan dan Adilla menggelar konferensi pers untuk membantah sosok yang berada di video itu adalah Wulan. Demikian halnya dengan Ananda Mikola yang juga membantah. 

Lepas dari masalah itu, Wulan kembali fokus pada seni peran. Di akhir Oktober 2009, Wulan kembali merilis film terbarunya yang bertema nasionalis, Rumah Maida dengan peran sebagai Bertha. 

Tak cukup hanya mendalami akting, Wulan kini merambah dunia menulis. Pada 13 November 2009, ia mengeluarkan novel perdana dengan judul Feel. Dalam buku perdana yang pengerjaannya dibantu sang suami, Adilla, Wulan juga menyertakan lagu karya Anang Hermansyah yang menginspirasinya hingga ia akhirnya membuat buku ini. 

Januari 2010, tepatnya di tanggal 28 Wulan kembali bermain dalam  film teranyar, 18+ true loves never dies. Di film yang dirilis saat ia tengah mengandung ini, perannya tidak mudah, karena ia harus memerankan karakter yang harus memuaskan diri sendiri karena suaminya tidak memberi kebutuhan batin dan fisik. Wulan mengaku menggunakan film Monster's Ball sebagai referensi untuk memerankan Retno dalam film terbarunya itu.

FILMOGRAFI

Film

Janji Joni (2005)

Gie (2005 ) Kejar Jakarta (2005)  

Naga Bonar (Jadi) 2 (2007) 

Suster N (2007)

Otomatis Romantis (2008)

Nabila (2008)

Love (2008) 

Bukan Cinta Biasa (2009)

Rasa (2009) 

King (2009) 

Ruma Maida (2009) 

18+ (2010) 

Demi Dewi (2010)

Heart 2 Heart (2010)

Masih Bukan Cinta Biasa (2011)

Dilema (2012)

Sinetron dan FTV

3 1/2 Wanita

Apa Kata Hatiku

Bila esok tiba (FTV) 

Borobudur 

Tutur Tinular 

Cinta Kontrak 

Dari Temen Jadi Demen 

Di Antara Dua Sisi 

Dilarang Jatuh Cinta 

Dimana Aku Disini (FTV) 

Dua Hati Menyatu 

Dunia Tanpa Koma 

Elegi Dua Cinta 

Gara-Gara Kucing Garong 

Kehormatan 

Kusebut Nama-Mu 

Lepas dari Impian (FTV)

Maha Pengasih 

Makhluk Tengah Malam (FTV) 

Mama 

Mencintaimu 

Misteri Gunung Berapi 

Misteri Sepasang Hati (FTV) 

Pangeran Betawi 

Pondok Indah 1 

Sayangi Aisyah 

Terpikat 

Cinta Tanpa Logika  

Menjadi Presenter 

Highlight Liga Italia di RCTI (2001)

Lega Calcio di RCTI (2001)

Gebyar BCA INDOSIAR  (2001)

World Cup-Tainment RCTI (2002)

Euro di RCTI (2004)

Highlight Formula 1 di Global TV  (2005)

Ligina 2007 di LATIVI (2007) 

Empat Mata Sahur di Trans7 (2007) 

Iklan

Moistra

Explorade

Iklan layanan masyarakat tentang Flu Burung 

Iklan layanan masyarakat tentang Demam Berdarah 

PRESTASI

2005: Panasonic Awards untuk Nominasi Presenter Olahraga Euro   2004 

2005: Festival Film Indonesia untuk Nominasi Pemeran Pembantu       Wanita dalam film Gie 

2007: MTV Indonesia Movie Awards mendapatkan Most Favourite Supporting Actress untuk Naga Bonar Jadi 2  

2001: Indonesia Movie Awards mendapatkan Most Favourite Actress untuk film Demi Dewi 

2012: Indonesia Movie Awards mendapatkan Most Favourite Actress untuk film Dilema


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya