IPO, AirAsia Tunggu Akuisisi Batavia Beres

AirAsia
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVAnews - Maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC), AirAsia, melalui anak usahanya PT Indonesia AirAsia tetap menargetkan rencananya melepas saham ke publik pada 2013. Namun, kali ini, manajemen harus menunggu selesainya proses akuisisi Batavia Air.

"Ini tergantung pada proses akuisisi Batavia," kata Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group, Tony Fernandes, di Jakarta, Jumat, 28 September 2012.

Tony mengatakan, AirAsia sebetulnya sudah siap untuk menjalankan IPO. Namun, perusahaan kini belum bisa melaksanakan aksi korporasi itu, karena harus menyelesaikan proses akuisisi Batavia Air.

Kendati demikian, rencana IPO AirAsia takkan menghentikan langkah perusahaan untuk membesarkan maskapai milik mereka. Selain menyelesaikan proses akuisisi, AirAsia telah memprogramkan rencana mendatangkan pesawat baru ke Indonesia.

"Target kami 5 pesawat per tahun," kata Tony.

AirAsia berencana mendatangkan lebih dari 100 pesawat Airbus. Walau belum bisa memastikan jadwal kedatangan, Tony mengaku sudah mengirim pesan elektronik mengenai rencana tersebut ke produsen Airbus.

"Saya harap beberapa pekan ke depan bisa terjawab," kata dia.

Untuk memuluskan rencana itu, AirAsia memerlukan pendanaan hingga US$4-5 miliar. Kebutuhan anggaran itu tergantung dari jumlah pesawat yang akan dibeli.

Ekspansi Rute
Disinggung mengenai bisnis AirAsia di Indonesia, Tony mengatakan, perusahaan telah memiliki sejumlah rencana untuk membuka rute-rute baru. Selain Bandung, AirAsia mengaku tertarik membuka rute ke sejumlah daerah potensial seperti Sulawesi, Ujung Pandang, dan Medan.

"Di sana banyak potensi. Tapi, itu yang ada dalam pikiran saya. Banyak sekali yang bisa dikembangkan seperti Semarang," ujarnya. (art)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024