Noorman, Dokter Mata dengan Ribuan Jam Terbang

Norman Lubis, Pilot Pesawat AS 202 Bravo
Sumber :
  • kabar siang-tvOne

VIVAnews – Tak ada yang menyangka Noorman menutup usianya dalam kecelakaan pesawat Bravo AS 202 yang sedang bermanuver di langit Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Sabtu 29 September 2012, dalam atraksi Bandung Air Show 2012.

Marsekal Muda (Purn) Noorman T. Lubis merupakan pilot handal yang juga berprofesi sebagai dokter mata. Di usianya yang ke-70 tahun, Noorman mengoleksi pesawat latih pribadi untuk diterbangkan sendiri. Terbang memang hobi Noorman. Ia kerap menghabiskan masa pensiunnya dengan mengangkasa di langit biru.

Di usia pensiun itu pula, Noorman buka praktik di klinik Bandung Eye Center. Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, tahun 1978-1981 itu tergolong dokter yang dikenal ramah dan tidak pandang buku dalam mengobati pasiennya. Ia bahkan tak segan mengobati tetangganya yang tak mampu secara cuma-cuma.

“Mengisi masa pensiunnya, setiap hari  Senin sampai Jumat dia praktek. Lalu kalau tidak ada halangan, saat weekend dia pasti menyempatkan diri untuk terbang karena itu adalah hobi yang tidak bisa dia tinggalkan,” ujar adik ipar Noorman, Sony Saddak, di rumah duka Jalan Flores, Bandung.

“Dia sendiri mengatakan, tidak akan pernah mau lepas dari pegangannya itu, yakni menerbangkan pesawat,” imbuh Sony. Jam terbang Noorman, menurut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Umar Sugeng Haryono, bahkan sangat panjang.

“Jam terbangnya sudah ribuan. Beliau sudah sangat handal menerbangkan pesawat,” kata Umar. Di matanya, Noorman adalah sosok pemberani. Sejak di TNI AU, Noorman sudah menerbangkan pesawat Bravo buatan Swiss. Ia memegang Bravo dari tahun 1971. “Jadi kecelakaan ni takdir Ilahi,” ujar Umar. (eh)

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final
Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024