Menkeu: Penyatuan Airport Tax ke Tiket Lebih Efisien

Penumpukan Penumpang Garuda
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Keuangan RI Agus Martowardojo menyambut baik penggabungan pembayaran passenger services charge (PSC) ke dalam komponen harga tiket pesawat. Ia meminta Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II meningkatkan sistem pelayanan terhadap penumpang.

"Saya sambut baik penggabungan PSC dalam tiket pesawat karena akan meningkatkan efisiensi bagi wisatawan dan orang yang menggunakan jasa airport," kata Agus Martowardojo di Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Mantan dirut Bank Mandiri ini menjelaskan dengan efisiensi maka dengan sendirinya akan meningkatkan kenyamanan bagi calon penumpang pesawat. Untuk itu, ia meminta agar pengelola bandara untuk terus menyempurnakan sistem PSC on ticket dan menjaga implementasinya.

Seperti diketahui, Maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk, baru akan memberlakukan ketentuan passenger service charge (PSC) ke dalam tiket penerbangan mulai 4 Oktober 2012.

Masa transisi akan berlangsung dari 1-3 Oktober 2012. Selama masa transisi tersebut, para penumpang masih harus membayar PSC di bandara seperti yang berlaku saat ini.

"Penyatuan PSC atau yang lebih dikenal dengan airport tax dalam harga tiket penerbangan ini untuk memberikan kemudahan bagi para penumpang penerbangan," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Garuda Indonesia, Pujobroto, dalam keterangan tertulis, Senin 1 Oktober 2012. (adi)

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum
Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

Status Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024