2-1-1996: AS Kirim Pasukan ke Bosnia

Kedatangan kloter pertama pasukan Marinir AS di Australia
Sumber :
  • REUTERS/Australian Department of Defence/Handout

VIVAnews - Pada 17 tahun yang lalu, AS mengirim pasukan ke Bosnia sebagai penjaga perdamaian untuk mengatasi konflik antara umat Muslim dan etnis Serbia-Bosnia di bekas pecahan Yugoslavia itu.

Menurut siaran televisi BBC, kedatangan pasukan AS tersebut sesuai dengan penandatanganan Perjanjian Damai Dayton Desember 1995.

Komandan pasukan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Bosnia saat itu, Laksamana Leighton Smith, menjamin kehadiran pasukan AS di bawah bendera NATO tidak akan berat sebelah.

Dengan kekuatan artileri, pasukan AS menduduki posisi-posisi strategis yang membatas wilayah kedua pihak yang bertikai. Namun mereka tidak ditempatkan di wilayah-wilayah yang sangat berbahaya.

Jumlah pasukan AS di Bosnia mencapai sekitar 2.000 personel. Itu merupakan pengerahan pasukan terbesar yang dilakukan AS di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. (umi)

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024