Dipolisikan, Film 'Cinta Tapi Beda' Ngotot Tayang

Cinta Tapi Beda
Sumber :
  • http://static.inilah.com

VIVAlife - Kisruh pemutaran film 'Cinta Tapi Beda' yang menyinggung suku Minang di Padang ditanggapi santai oleh rumah produksi Multivision Plus Picture (MVP). Walau tidak sedikit yang menuntut untuk tidak meneruskan penayangan film tersebut, rumah produksi tetap ingin film yang dibintangi Agni Pratistha itu tetap berjalan.

Menurut perwakilan MVP, Aris Muda, tidak ada penurunan layar, hanya ada di daerah Tasikmalaya. "Hari Rabu ada protes di kota Tasik, kita kompromi dan kami turunkan filmnya. Enggak ada penarikan, cuma satu ada di Tasik. Tidak ada pemotongan gambar, hanya penegasan lewat kata-kata di akhir film setelah scene KUA di akhir acara," ujarnya saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Januari 2013.

Ia menambahkan di Padang film itu bahkan akan diputar di sana meski tidak menggunakan jaringan bioskop 21.

"Penarikan film enggak. Padang itu layar ke dua. Mereka tetap akan putar di sana karena mereka non 21, tapi tetap putar film nasional. Tetap diputar di sana di Karya atau Raya, tempat pemutaran film yang ramai," katanya.

Sang sutradara, Hestu Saputra pun angkat bicara mengenai kisruh film buatannya itu. Ia mengaku cukup kaget karena sampai dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun, menurutnya film itu sama sekali tak bermaksud untuk menghina suku apapun.

"Ada yang sudah melapor kita menghina suku Minang dan menebar kebencian, itu tidak ada sama sekali. Dari awal bikin sudah diteliti tidak ada keinginan soal hal itu. Kita kaget sudah dilaporkan ke Polda, sampai mas Hanung dan Pak Raam dilaporkan, mereka tak membuka ruang diskusi," tuturnya.

Sebelumnya tiga komunitas Minang, yang menamakan diri mereka Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM), Keluarga Mahasiswa Minang Jaya (KMM Jaya), dan Ikatan Pemuda Pemudi Minangkabau Indonesia (IPPMI) melaporkan Raam Punjabi selaku produser dan Hanung Bramantyo sebagai salah satu sutradara film ini ke Polda Metro Jaya.

Ketiga badan atau aliansi masyarakat Minang akan menjerat Hanung dan Raam Punjabi dengan pasal 156 KUHP Jo Pasal 4 dan 16 UU No.40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. (eh)

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024