Sentimen Eksternal Masih Dominan Pengaruhi IHSG

Lantai bursa.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia dibuka melemah pada perdagangan Selasa 22 Januari 2013. Posisi ini melanjutkan pergerakan negatif pada penutupan perdagangan kemarin. 

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website

IHSG pada awal transaksi Selasa turun 12,95 poin atau 0,30 persen ke level 4.427,01. Sementara itu, indeks pada Senin 21 Januari 2013 ditutup melemah 24,51 poin atau 0,57 persen di posisi 4.439,97.

Menurut analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono, pelemahan IHSG pada awal perdagangan pagi ini didorong aksi pelaku pasar domestik yang ikut menanti hasil pertemuan para pemimpin Eropa dalam mengatasi ancaman krisis ekonomi zona tersebut.

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 Akan Hadir di Kemayoran, Catat Tanggalnya!

"Selain itu, investor menunggu hasil pertemuan Bank of Japan, apakah memilih langkah-langkah berani mengenai pelonggaran moneter," kata Purwoko kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa.

Terkoreksinya indeks di BEI, Purwoko menambahkan, turut terhempas pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan pagi ini. 

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Edwin Sebayang, analis PT MNC Securities berpendapat, IHSG akan bergerak mendatar pada transaksi hari ini, karena masih mengacu pergerakan bursa . 

"Indeks akan bergerak di kisaran 4.408-4.465," ujarnya kepada VIVAnews di tempat terpisah. (art)

Ilustrasi Partai Golkar.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar memang mau tak mau harus mencari Habibie baru walau harus sampai ke dasar tumpukan jerami bila ingin menang absolut di pemilu mendatang, menurut pengamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024