Banding Ditolak, Miranda Goeltom Ajukan Kasasi ke MA

Miranda Goeltom divonis 3 Tahun Penjara
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Terdakwa kasus suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) Miranda Swaray Goeltom menyatakan akan mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

"Kami percaya hakim agung itu lebih obyektif secara hukum dan berani memutus berdasarkan hukum," kata pengacara Miranda, Andi Simangunsong, saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 23 Januari 2013.

Andi menilai alasan hakim PT DKI yang menyatakan memori banding Miranda sama dengan putusan pengadilan Tipikor adalah alasan normatif majelis untuk menguatkan putusan tingkat pertama. Menurutnya, dalam memori banding itu banyak hal baru, di antaranya menuangkan kekeliruan hakim di tingkat pertama.

"Jelas-jelas tidak ada hubungan langsung dengan . Tindakan yang dilakukan Nunun itu berdiri sendiri dan nggak melibatkan Miranda," Andi menerangkan.

Terhadap upaya hukum lanjutan ini, kata Andi, Miranda optimis akan dibebaskan di tingkat kasasi. Pengacara pun sedang menyusun memori kasasi dan segera didaftarkan ke MA.

Resmi Nikahi Mahalini, Rizky Febian: Alhamdulillah SAH!

"Di tingkat 1 dan 2 kami khawatirkan ada semangat untuk menghukum koruptor. Kami sepakat harus menghukum koruptor, tapi bukan menghukum orang yang diajukan ke pengadilan Tipikor. Kalau memang yang diajukan salah, putus bersalah. Kalau benar ya diputus benar," ujarnya.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengajukan kasasi. "Kalau kasasi, kami akan siapkan kontra memori kasasi," kata juru bicara KPK Johan Budi SP.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega
Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Fanbase Swansea Kaget Popularitas Nathan Tjoe-A-On Melejit di Timnas Indonesia

Fanbase klub Liga Inggris, Swansea City kaget saat tahu popularitas Nathan Tjoe-A-On melejit saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia U23.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024