Nasabah Setuju Tawaran Citibank Beli Surat Utang Lehman Brothers

Kantor cabang Citibank di Washington DC, AS
Sumber :
  • REUTERS/Jim Young

VIVAnews - Citibank Indonesia menyatakan, seluruh nasabah telah menerima dan menyetujui tawaran pembelian surat utang yang diterbitkan dan dijamin oleh Lehman Brothers. Surat utang yang dimiliki nasabah itu didistribusikan melalui Citibank Indonesia.

Terpopuler: Shin Tae-yong 'Sentil' AFC, Indonesia Terhindar dari Israel

Sesuai ketentuan yang berlaku, Citibank Indonesia membeli produk Lehman Brothers senilai 70 persen dari nilai investasi awal, dalam bentuk uang tunai, dan dikurangi nilai apa pun yang telah nasabah terima, seperti pembayaran kupon sebelumnya.

Penawaran pembelian telah dibuka bagi seluruh nasabah yang berhak mulai
dari 13 November 2012 hingga 12 Desember 2012 pukul 17.00WIB.

"Hanya dalam waktu relatif singkat, seluruh nasabah pemegang surat utang Lehman Brothers menerima dan menyetujui penawaran pembelian sesuai syarat dan ketentuan yang ada," kata Consumer Business Manager Citibank Indonesia, Joel Kornreich, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Senin 28 Januari 2013.

Kornreich menambahkan, solusi positif yang diberikan manajemen Citibank kepada nasabah telah diterima dengan baik. "Pembelian ini merupakan ungkapan terima kasih atas kesetiaan dan kesabaran para nasabah," ujar dia.

Melalui pembelian ini, nasabah akan mendapat pengembalian nilai investasi yang lebih baik. Walaupun bukan merupakan kewajiban langsung dari Citibank Indonesia untuk membeli surat utang tersebut, namun perlindungan terhadap kepentingan nasabah merupakan salah satu fokus utama Citibank.

Untuk itu, dia menjelaskan, persiapan dan proses pembelian dilakukan secara rinci dan komprehensif. Pembelian surat utang tersebut menjadi solusi terbaik dan praktis, sehingga permasalahan Lehman Brothers yang telah memakan waktu lama dapat segera diselesaikan demi kepentingan nasabah.

"Nasabah merupakan prioritas utama kami," kata Tigor M. Siahaan, Citi Country Officer Indonesia. "Saya berterima kasih atas pengertian dan kesabaran nasabah, khususnya di saat-saat yang penuh ketidakpastian usai kebangkrutan Lehman Brothers," katanya.

Sejak kejatuhan Lehman Brothers pada September 2008, Citibank Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif untuk membantu nasabahnya. Citibank Indonesia memberikan informasi secara berkesinambungan mengenai perkembangan proses kepailitan Lehman Brothers dan mengajukan solusi kepada nasabah.

Sebelumnya, Citibank Indonesia juga membantu dalam mengajukan klaim atas nama nasabah di Pengadilan Niaga AS (U.S. insolvency proceedings).

"Saya puas atas layanan dan tanggung jawab yang dilakukan Citibank dalam menyelesaikan structured notes Lehman Brothers," ungkap Zafar D Idham, seorang nasabah Citigold. (eh)

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Jeritan Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberi pesan untuk wasit dan AFC jelang pertandingan melawan Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. 

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024