KPK Dalami Peran Dua Bos Impor Daging

KPK lakukan penangkapan
Sumber :
  • Siti Ruqoyah/ VIVAnews
VIVAnews - Dua orang yang tertangkap tangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui merupakan Direktur PT Indoguna Utama, perusahaan yang bergerak bidang importir daging. 
MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Dalam operasi tangkap tangan semalam di Jakarta, penyidik KPK mengamankan empat orang terduga kasus korupsi, dua di antaranya Direktur PT Indoguna. "Iya direktur (dua-duanya direktur)," kata kuasa hukum PT Indoguna, Panji Prasetyo di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 30 Januari 2013.
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Meski begitu, Panji belum dapat menjelaskan lebih jauh kronologi penangkapan yang melibatkan dua petinggi perusahaan yang beralamat di Jalan Taruna, Pondok Bambu Jakarta Timur. Dia juga mengklaim belum bertemu dengan dua orang direktur yang ditangkap KPK semalam.
Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

"Saya juga belum tahu konstruksi hukumnya karena 1x24 jam akan ada status hukumnya, saya juga belum tahu apakah pengurus Indoguna ini menjadi saksi atau tersangka, kita belum tahu," ujar Panji.

Dua direktur PT Indoguna Utama itu termasuk yang ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa malam, 29 Januari 2013, dalam operasi tangkap tangan di Hotel Le Meredien, Jakarta. 

Dalam penangkapan itu petugas KPK berhasil mengamankan sejumlah uang yang ditaksir sekitar Rp1 miliar. Uang pecahan Rp100 ribu tersebut tersimpan dalam dua kantong plastik besar. Satu berwarna putih, satu lagi warna hitam. 

Petugas juga mengamankan sejumlah dokumen yang disimpan dalam sebuah tas koper hitam dan kantong plastik putih transparan. Ada juga dua buku tabungan.

Belum diketahui secara pasti motif penangkapan empat orang tersebut. Namun kuat dugaan uang yang disiapkan keempat orang yang diamankan KPK diduga merupakan suap untuk memuluskan anggaran proyek di DPR. KPK juga telah menggeledah kantor PT IU di kawasan Pondok Bambu Jakarta Timur

Penelusuran VIVAnews, PT IU bergerak dalam bidang impor makanan, terutama daging, dan telah memiliki cabang di Singapura, Dubai, Hong Kong dan Macau. 

Selama lebih dari tiga dekade, perusahaan tersebut telah menyuplai kebutuhan daging-daging untuk hotel, restoran dan supermarket ternama di Indonesia dan negara-negara lainnya. Selain daging, perusahaan tersebut juga mengimpor seafood, kaviar, keju dan wine dengan kualitas super. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya