Pengamat: Hanya Tiga Calon yang Siap Pimpin Jabar

Pembagian nomor urut peserta Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng
VIVAnews
Presiden NOC Prancis Dukung Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
- Pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy mengatakan hanya ada tiga pasang calon gubernur Jawa Barat yang layak memimpin. Ketiga pasang calon gubernur ini mempunyai kemampuan kepemimpinan yang cukup baik.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

"Namun ketiganya tidak mempunyai konsep ekonomi yang jelas. Ini kelemahan yang harus segera mereka jawab," katanya usai menjadi panelis dalam Uji Publik Program Ekonomi Jawa Barat Kandidat Gubernur Jawa Barat yang diselenggarakan
SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan
TV One dan Kadin Jawa Barat, Minggu 3 Februai 2013 malam.


Ketiga kandidat yang dianggap siap adalah Pasangan No 3 Dede Yusuf-Lex Lasamana, No 4 Ahmad Heryawan-Dedi Mizwar, dan pasangan No 5 Rike Diah Pitaloka-Teten Masduki.


Dede Yusuf, kata dia, menguasai panggung diskusi, Ahmad Heryawan cukup menguasai materi teknis, dan Rieke mempunyai gambaran apa yang akan dikerjakan. "Saya tidak melihat sesuatu yang bisa meyakinkan dari pasangan No 1 dan 2," katanya.


Semua kandidat masih belum mampu mengidetifikasi problem ekonomi Jawa Barat. Untuk membangun identifikasi ini tidak cukup kemampuan leadership, namun butuh kemapuan mengidentifikasi masalah dan gambaran akan solusi. "Jawa Barat sangat luar biasa. Selain provinsi dengan wilayah terluas no 2, jumlah populasinya juga tinggi. Sumber dayanya sangat luar biasa dan belum termaksimalkan," katanya.


Ichsanuddin sangat mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat ke depan. Jawa Barat kaya semua punya tapi banyak kebijakan pemimpin salah kaparah. "Salah satu kebijakan salah kaprah Jawa Barat punya potensi geotermal tinggi, kenapa harus bangun pembangkit listrik yang mengandalkan batu bara," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya