Godaan Cita Rasa Melayu di Tengah Kota

Kopitiam tan
Sumber :

VIVAlife - Satu lagi kedai dengan atmosfer Melayu muncul tengah masyarakat urban. Namanya Kopitiam Tan, nama yang diambil dari jenis minuman khas Melayu dan marga sang pemilik menjadi simbol dan daya tarik tersendiri. Pasalnya, kedai berlabelkan nama kopitiam saat ini kian menjamur di sudut kota.

Benar saja, desain interior jadoel, ornamen lawas, anyaman bambu, dan pintu kropyak tradisional membawa angan para tamu 'terbang' ke kehidupan masyarakat Melayu. Kursi dan sofa yang nyaman di dalam kedai menjadi arti tersirat dari kopitiam.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Menurut Agung, Head Strore Kopitiam Tan, kopitiam sebenarnya berasal dari Malaysia yang memiliki arti kedai kopi, tempat orang bersantai sambil minum kopi dan menikmati sajian-sajian lezat khas Melayu.

Sambil menikmati nuansa kehidupan Melayu, mulailah mencicip menu-menu yang dibuat nama unik. Ada Bubur Kepiting Gereja Ayam. Perpaduan daging ayam dan kepiting yang dimasak dan dicampur dalam bubur hadirkan aroma yang kuat. Tak ada lagi rasa amis kepiting, namun tercium aroma yang menggugah selera.

Untuk yang lebih khas, ada Nasi Ayam Merah. Tak jauh berbeda dengan nasi campur, hanya saja yang ini menggunakan daging ayam. Potongan daging ayam yang telah diberi bumbu merah, disajikan bersama nasi dan pelengkapnya, kerupuk dan sayuran. Kelembutan daging ayam di mulut sangat terasa dan tidak medok. Lamanya bumbu perendaman sebelum diolah menjadi kuncinya.

Nasi ayam merah

One dish
lainnya yang cukup populer adalah Nasi Hainan Ayam Crispy Belachan, Nasi Ayam Kosek Cabe Hijau, Soto Ayam Cak'Em, dan Nasi Lemak. Satu lagi yang unik, dalam buku menu para tamu akan melihat nama-nama kawasan Jakarta seperti  Mie Ayam Jembatan Dua dan Nasi Bebek Cempaka Putih. Ini dikarenakan, sang pemilik pernah mencicipi hidangan menu yang sama di kawasan tersebut. Dan ia juga merasa terinpirasi terhadap jajanan itu, sehingga memasukannya dalam menu Kopitiam Tan.

Selain menu utama, ada pula side dish khas kopitiam yaitu Mantau, Kaya Toast, Es Krim Toast, dan Roti Bakarkoe. Untuk minuman andalan yang patut Anda cicipi selain kopi yang didatangkan langsung dari Medan, yaitu Es Merah Putih yang merupakan kombinasi air kelapa, kelapa muda, pacar cina dan gula merah yang ditambahkan pandan. Es yang dicampur dalam minuman, menghasilkan kolaborasi gula merah dan daun pandan menjadi pelepas dahaga yang pas di siang hari.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi


Roti bakar


AlamatJl. Jend Sudirman Kav. 52-53 Lot.8 SCBD, Jakarta Selatan
Telp: 021-5150615
Harga: Rp9.000 - Rp35.000 (ditambah pajak restoran 10%)
Suasana: Kedai sederhana dengan properti khas Melayu

Penghapal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Diskon 99 persen bagi yang berulang tahun ke-99.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016